Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Informasi Peserta Didik di SMA N 2 Kerinci

Sil Septiani Utama, Ali Marzuki Zebua, Fitri Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi peserta didik di SMA N 2 Kerinci. Fokus utama penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan kendala yang dihadapi perpustakaan dalam proses tersebut. Perencanaan perpustakaan dirancang untuk mendukung kebutuhan kurikulum dan minat siswa, dengan pengadaan bahan pustaka yang relevan serta pengelompokan koleksi berdasarkan mata pelajaran. Pelaksanaan manajemen perpustakaan melibatkan pengelolaan sumber daya pustaka, penyediaan layanan sirkulasi, serta upaya mengintegrasikan perpustakaan dengan pembelajaran di kelas. Meskipun telah dilakukan upaya yang baik, Hasil penelitian ini menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan dana, kurangnya tenaga perpustakaan, serta rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan perpustakaan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi inovatif, seperti promosi layanan dan program literasi yang lebih menarik, guna meningkatkan partisipasi siswa serta memaksimalkan fungsi perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan peningkatan literasi informasi.

Keywords


Manajemen Perpustakaan, Literasi Informasi

Full Text:

PDF

References


Acharya, K. (2024). Library Management System. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4807104.

Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.

Amalia, Risma. 2019. Literasi Informasi Di Global Islamic Boarding School. Vol. 01. Banjar Masin: Diploma III Perpustakaan Dan Informasi Islam,Universitas Islam Negeri Antasari BanjarMasin.

Andi, Prastowo. 2012. “Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional.” Yogyakarta: diva press.

Apriyani, D., Harapan, E., & Houtman, H. (2020). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 132–139. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4103

Ariswanto, A, and A Nurnaningsih. 2021. “Penerapan Fungsi Manajemen Pada Perpustakaan Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik MTs As’ Adiyah No. 3 Atapange Wajo Sulawesi ….” Jurnal Pendidikan Tambusai 5: 114550–59. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7094%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/7094/5873.

Creswell, John W. 2019. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Dande, P. (2023). Smart Library Management System Utilizing RFID Technology. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology. https://doi.org/10.22214/ijraset.2023.53613.

Elbadiansyah, H. 2023. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Erdini, V. 2022. “PELAKSANAAN MANEJEMEN OPERASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Kualitatif Deskriptif Di Perpustakaan SMA Negeri 4 Bandung).” Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/90202.

Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585

Harisanty, Dessy, Rahma Sugihartati, and Koko Srimulyo. 2022. “Social Media and the Role of Libraries during the COVID-19 Pandemic Media Sosial Dan Peran Perpustakaan Selama Pandemi COVID-19.” Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik 35 (3): 351–63.

Hamurdani, Patimah, & Zahra Khusnul Lathifah. (2024). Pengembangan Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Pembelajaran Komprehensif di Lingkungan SDN Bendungan 01. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10357

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1) DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Iskandar, Iskandar. 2016. “Manajemen Dan Budaya Perpustakaan.” Bandung: Refika Aditama.

Jazilah, Ferina Vetty. 2023. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika.” Postulat (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika) 4 (1): 96–111.

Journal, I. (2023). Library Management System. INTERANTIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC RESEARCH IN ENGINEERING AND MANAGEMENT. https://doi.org/10.55041/ijsrem26189.

Kuh, George D, and Robert M Gonyea. 2003. “The Role of the Academic Library in Promoting Student Engagement in Learning.” College & Research Libraries 64 (4): 256–82.

Lloyd, Annemaree. 2003. “Information Literacy: The Meta-Competency of the Knowledge Economy? An Exploratory Paper.” Journal of Librarianship and Information Science 35 (2): 87–92.

lmsspada.kemdikbud. 2020. “Teknik Analisis Data Analisis Data.” Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/685280/mod_resource/content/1/PERTEMUAN 14. TEKNIK ANALISIS DATA.pdf.

Marta, Rustono Farady, Bonaventura Satya Bharata, Andreas Tri Pamungkas, Olivia Lewi Pramesti, Alfonso Harrison, Patricia Robin, Budhi Widi Astuti, Aurelius Rofinus Lolong Teluma, F X Ari Agung Prastowo, and Loina Lalolo Krina Perangin-angin. 2023. STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI. Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Merga, Margaret K. 2020. “School Librarians as Literacy Educators within a Complex Role.” Journal of Library Administration 60 (8): 889–908.

Putriaurina, Asysyifa Dwikharisma, Rifqi Zaeni Achmad Syam, and Farah Ruqayah. 2021. “Layanan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Indonesia.” Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 5 (2): 7.

Rahmah, Elva. 2018. Akses Dan Layanan Perpustakaan Teori Dan Aplikasi. Prenadamedia Group. Jakarta: Prenada Media Group Kencana.

Robbins, Stephen P, and Mary Coulter. 2021. “MANAGEMENT 15E.” Pearson Education Limited.

Sánchez-Caballé, Anna, Mercè Gisbert Cervera, and Francesc M Esteve-Mon. 2020. “The Digital Competence of University Students: A Systematic Literature Review.” Aloma: Jurnal Psikologi, Ilmu Pendidikan Dan Olahraga 38 (1): 63–74.

Santosa, A. B., Sukirman, S., & Subaidi, S. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 136–147. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p136-147

Setiawan, Andika Aldi, and Anang Sudigdo. 2019. “Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan.” Prosiding Seminar Nasional PGSD UST 1 (1): 29.

Sharma, Sourabh, Sunny Mishra, Shubham Gupta, and Sachin Kumar. 2022. “Library Management System.” Jurnal Internasional Penelitian Sains Terapan Dan Teknologi Rekayasa 10 (5): 889–93. https://doi.org/10.22214/ijaraset.2022.4375.

Singh, P. (2024). LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM. Gurukul International Multidisciplinary Research Journal. https://doi.org/10.69758/jubi7297.

Sugihartati, Rahma. 2022. Paradoks Perkembangan Masvarakat Informasi: Antara Llterasi Dan Kesenjangan Digital. Surabaya: Universitas Airlangga.

Suhaemin, Suhaemin, and Suharsimi Arikunto. 2013. “Manajemen Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 1 (2): 252–68. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2398.

Supriyanto, Wahyu. 2015. “Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital.” Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 4 (1): 1–12.

Yoon, Kyunghye, Laura Hulscher, and Rachel Dols. 2016. “Accessibility and Diversity in Library and Information Science: Inclusive Information Architecture for Library Websites.” The Library Quarterly 86 (2): 213–29.

Zha, Xianjin, Chengsong Huang, Yalan Yan, Guanxiang Yan, Xue Wang, and Kun Zhang. 2020. “Understanding Extended Information Seeking: The Perspectives of Psychological Empowerment and Digital Libraries Attachment.” Aslib Journal of Information Management 72 (5): 705–24.

Zohriah, Anis. 2018. “MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH.” Jurnal Keilmuan Mananajemen Pendidikan 4 (2): 159–70.

Zuhra, Belia. 2022. MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN MAN 1 LHOKSEUMAWE. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Zulkarnain, Wildan. 2022. Manajemen Layanan Khusus Di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.22125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.