Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di SMP Negeri 3 Gunung Meriah

Hudnah Hudnah, Akrim Akrim, Nurmadiah Nurmadiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen SMPN 3 Gunung Meriah dalam mengembangkan kurikulum pendidikan karakter. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskripsi dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa SMP Negeri 3 Gunung Meriah. Hasil penelitian bahwa kurikulum yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gunung Meriah adalah integrated curriculum yaitu pelajaran umum, seperti matematika, IPS, IPA, bahasa, jasmani atau kesehatan, ketrampilan dibingkai dengan pijakan, pedoman, dan Pendidikan Agama Islam. Jadi kurikulum di desain dengan mengedepankan nilai-nilai Islam agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi tahun ajaran sebelumnya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional maupun tujuan sekolah. Perencanaan melalui analisis kebutuhan, merumuskan visi dna misi dan design kurikulum. Pelaksanaan pengembangan kurikulum melalui pembentukan tim kerja, perekrutan guru, menjalin komunikasi yang harmonis dengan para guru, inovasi dalam pengembangan kurikulum.


Keywords


Manajemen kurikulum, pengembangan karakter

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.

Amini, Damanik, K., Bahri, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (1).

Amini, Mega Pati Aritonang, Indra Prasetia (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Smp Negeri 13 Binjai. Jurnal Guru Kita, 6 (1)

Bakrie. (2023). Serambi News. https://aceh.tribunnews.com/2020/01/05/potret-dunia-pendidikan-di-aceh-singkil-mereka-terpaksa-menulis-sambil-jongkok-di-lantai-kelas.

Depdiknas. (2005). Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis. Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT DirjenDikti.

Dessler, G. (2017). Human Resource Management. Pearson Education.

Dita, P.W., dkk. (2020). Analisis Kepemimpinan Kepala sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu vol 6 (5)

Emilda, & Tati Murni,. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Yayasan Sinar Husni Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2 (3).

Frank, E.S., Prasetia, P., & Elfrianto (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (studi diSMA Negeri 2 Pematangsiantar). Jurnal Pendidikan Rokania, 6(3)

Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585

Hamalik, Oemar. (2018), Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hardono. Haryono. Amin yusuf. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Education Management, 6 (1).

Hasibuan, M. (2017). Organisasi dan Motivasi Dasar PeningkatanProduktivitas. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat, M. (2024). Student's Perception of the Effectiveness of Teacher Communication in Guiding Problem-Based Learning Projects. Persepsi: Communication Journal, 7(2), 148-156.

Jansen, Sinamo. (2017). Etos Kerja Profesional. Jakarta: PT. Spirit Mahardika.

John W. Creswell, (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Miles M,. B, Huberman, A. M dan Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis, A Methodes Sourcebooks edition 3 USA: Sage Publication terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI – Press

Muchlas, Saimin. (2009). Manajemen Sekolah Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan ImplementasiKurikulum 2013. Bandung: RemajaRosdakarya

Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nova, L.H, Akrim., & Prasetia, P. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Al-Wasliyah Pasar Senen Medan. Alignment: Journal of Administration and Educational ManagementVol 5 (1)

Pasolong, Harbani. (2017). Teori Administrasi Publik. ALFABETA.

Prasetia, I, Melvayetty, S., & Dewi, R. (2020). The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimism Culture on Teacher Empowerment and Motivatioan Along Its Impact on the Effectiveness of Medan State Junior High School.IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies. Vol. 4, No. 2, hal 276 - 290

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi. (2020). E. EfectiveCompentency Based School Model. JurnalTarbiyah, 27(1)

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian. Medan : UMSU PRESS

Rosalina, V., & Bradley, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal ilmiah pendidikan vol 2(1).

Roudhatul, A.J.K. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Biaya Pendidikan, Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan ProduktivitasKerja,Bandung: Ilham Jaya

Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.

Siti, N., Ali, N.B., & Harun, Z.H., & Djailani, A.R. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan. Jurnal administrasi Pendidikan vol 3 (2).

Slameto.(2019). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. EdisiRevisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarwan, Danim, (2019). ManajemenKepemimpinanTransformasional. Kekepala sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.(2018). Metode penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suhardiman, Budi. (2011). Studi Kinerja Kepala Sekolah (Analisis Pengaruh Faktor Rekrutmen, Kompetensi, dan Sistem Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala SMP dan Dampaknya Terhadap Kinerja Sekolah di Kabupaten Garut. Portal Jurnal Vol 2

Supardi. (2018). Sekolah Efektif : Konsep Dasar dan Praktiknya Edisi : Cet.2. Terbitan: Jakarta, Rajawali Pers

Suryadhiningrat, Tjutju Y., & Janah, S. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung) Raden Fitri Karina. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoranvol 7 (2).

Syaiful, B., Amini., & Khairunnisa, D. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2 (1).

Tannady, H. (2018). Psikologi Industri dan Organisasi. Expert.

Tati, M, & Emilda, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Yayasan Sinar Husni Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] vol 2 (3).

Trisuci, Cicilia. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah di SDN Dengkek 01 Pati. Journal Industrial Engineering & Management Research.1(4).

Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2014). Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.23182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.