Pola Pembinaan Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah (Studi di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang)

Widya Astuti, Akrim Akrim, Emilda Sulasmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pola Pembinaan Guru Penggerak Terhadap Guru Non Penggerak Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala SMP Negeri 1 Hamparan Perak dan Guru Penggerak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pola Pembinaan Guru Penggerak Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang sudah baik dimana pola yang digunakan guru penggerak adalah pola pembinaan lapangan, pembinaan interaksi dan komunikasi dengan melakukan coaching, role model pembelajaran di kelas, membuat komunitas belajar, membentuk forum diskusi dan melakukan pendampingan dalam pembuatan bahan/media ajar inovatif. Guru juga melakukan komunikasi yang lancar agar tidak salah paham serta guru penggerak menjadi role model bagi guru non penggerak. Pembinaan guru penggerak terhadap guru non penggerak juga merupakan kegiatan yang berkelanjutan dilakukan karena merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan guru penggerak. Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang, guru penggerak dan guru non penggerak melakukan kerja sama dengan baik dimana komunikasi yang dibina guru penggerak dan non penggerak lancar, diskusi yang dilakukan juga menghasilkan masukan yang efektif serta sesama guru tidak memandang status untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan mutu pembelajaran.


Keywords


Guru Penggerak, Pola Pembinaan, Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adaninggar, Septi, Subekti., Fransisca, Endang, Lestariningsih., Lemmuela, Alvita, Kurniawati. (2024). Motivation-Building to Provide Quality Teaching through ICT-Based Training and Mentoring Sessions: A Case of Junior High School Teachers. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 14(2):175-175. doi: 10.26858/publikan.v14i2.58942

Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.

Akrim, D. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Bafadal, I. (2016). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Dalam Rangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. PT Bumi Aksara.

Elfrianto. (2020). Metode Penelitian. Umsu Press.

Emilda Sulasmi & Akrim. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), ISSN : 2715-9213, Vol 1 No 1.

Gultom, S. W., Amini, A., & Isman, M. (2024). Manejemen implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, 5(4). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v5i4.21585

Hidayat, M. (2024). Student's Perception of the Effectiveness of Teacher Communication in Guiding Problem-Based Learning Projects. Persepsi: Communication Journal, 7(2), 148-156.

Lexy J., M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (R. Rosdakarya (ed.)).

Murniarti, E. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418-1427.

Nizan, A. (2023). Strategi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari. Jurnal Ilmiah Profesi Kependidikan, 8(3).

Purba, R. (2021). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Satriawan, W., Santika, I. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam., 11(1), 1–12.

Sibagariang, D. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–89. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/

Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.

Susi. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Kajian Study Literatur). Journal on Education, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v6i1.23186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.