Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FE Universitas Tidar Pada Masa Pandemi

Koni Lulu Makhfia, Hanung Eka Atmaja

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah minat belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tidar pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, teknik ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan variabel dependen terhadap variabel independen. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa dengan sampel sebanyak 100 orang. Dan mendapat hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan) antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada Uji T dan Uji F. Selain itu dilihat dari nilai R Square pada pengujian koefisien determinasi sebesar 0.669 berarti minat belajar dan lingkungan belajar berpengaruh sebesar 66,9% terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tidar.

ABSTRACT

The purpose of this study is to find out whether interest in learning and the learning environment affect the learning outcomes of students of the Faculty of Economics, Tidar University during the Covid-19 pandemic. This research is a quantitative study using multiple linear regression analysis techniques, this technique aims to find out how much influence the dependent variable exerts on independent variables. Data collection in this study was carried out through the distribution of questionnaires to students with a sample of 100 people. And it was found that there was a significant influence both singly (partially) and jointly (simultaneously) between learning interest and the learning environment on learning outcomes indicated by significance values in the T Test and F Test.In addition, judging from the R Square value in testing the coefficient of determination of 0.669, it means that interest in learning and the learning environment have an effect of 66.9% on the learning outcomes of students of the Faculty of Economics, Tidar University.


Full Text:

PDF

References


Afrinaval, G., & Syamwil, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ecogen, 2(4), 624. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7840

Annisa, D. S., Fadilla, J. H., Ikram, M., & Hardianto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(4), 2630.

Anggraini, Y., & Patmanthara, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 16501655. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135144. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 6875. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Batubara, I. H., Sari, I. P., Andini, P., Jannah, M., Saragih, S., Sinaga, B., Lubis, B. S. (2022). Bibliometric Mapping on the Research Merdeka Belajar Using VosViewer. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 477486. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202207

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Djiwandono, S. E. (2002). Psikologi Pendidikan. Grasindo.

Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bumu Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS 19. Badan Penerbit Undip.

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121130.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pdiatrica, 71, 66. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Desertasi dan Karya Ilmiah. Prenada Media Group.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pahriji, I. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi. Jurnal Citra Pendidikan, 1(3), 380387.

Pendidikan, J., & Dinamika, E. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma N 1 Jekulo Kudus. Dinamika Pendidikan, 7(1), 1428. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4914

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 15681577. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/621

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & ... (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD . https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.

Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(1), 3443. https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9468

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 3444. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, V No. 1, 6672.

Sholihah, A. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, 15.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 3543. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. 2(1), 7380.

Yamin, M. (2020). MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS XII IPA 3 SMA NEGERI 2 BAGAN SINEMBAH. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 7277.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i2.9661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.