Urgensi Layanan Bimbingan Kelompok Materi Literasi Emosi Terhadap Peningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa

Ajeng Cornelia, Amir Husin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatkan efikasi diri pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 384 siswa kelas X kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random sampling sehingga sampel sebanyak 8 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji validitas instrumen menghasilkan sebanyak 29 item yang valid dan reliabilitasnya 0,905. Data penelitian dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis dengan uji Product Moment Correlation diperoleh luaran sebesar r = 0,989 dengan nilai Asymp.Sig. = 0,000 (2-tailed) lebih kecil dari < 0.005, maka Ha diterima. Disini terdapat koefisien korelasi positif yang artinya 10 siswa mengalami kenaikan skor efikasi diri siswa dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Selisih peningkatan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 30,00, koefisien korelasi 0,989 dengan tingkat keberpengaruhan sebesar 98,9 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.


References


Abimanyu, s dan Manhiru. M.T. 2009, Teknik dan Laboratorium Konseling. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negri Makassar.

Alwilsol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pers

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ghufron, Risnawati. 2019. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: ARRUZ-MEDIA.

Gunasra Singgih D. 2007. Konseling dan Psikotrapi. Jakarta. GUNUNG MULIA

Hartinah, Siti.2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung. Refika Aditama.

Irvan Usman, Meiske Puluhulawa & Mardia Bin Smith.2017. Teknik Modeling Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Malang. Jawa Timur. Jakarta

Latifun. 2008. Psikologi Konseling Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Lilis Ratna. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogjakarta: DEEPUBLISH

Prayitno, Amti, R. 2016. Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktek: Jakarta: Asdi Mahasatya.

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Romlah, Tatik. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negri Malang

Rusmana, Nandang.2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok Di Sekolah. (Metode, Teknik Dan Aplikasi). Bandung: Rizkqi Press.

Shaleh A.R. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Presefktif Islam. Jakarta: KECANA .

Sa'ud, U. S., & syamsuddin Makmun, A. (2007). Perencanaan pendidikan: Suatu pendekatan komprehensif.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok dan Perkembangan. Semarang UPT Universitas Negri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v7i3.24051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id