Teks Berita Bayi Kembar Siam Dempet di Kambes Desa Percut Sei Tuan Dalam Kajian Wacana Kritis Van Dijk

Lia Pertiwi, Syairal Fahmy Dalimunthe, Muhammad Surif

Abstract


Wacana biasanya digunakan sebagai untuk memayungi penggunaan bahasa yang sangat luas, wacana terbagai dari beberapa wacana akademik, wacana politi,wacana berita dan wacana kuliah. Wacana merupakan satuan bahasa yang lengkap, dalam hierarki gramtikal yang memiliki satuan gramatikal terbesar atau tertinggi. Berita merupakan informasi mengenai peristiwa atau kejadian yang pentig diketahui oleh masyarakat, disampaikan secara tulis maupun lisan. Dengan demikian, membaca berita artinya membaca bentuk laporan tentang suatu kejadian yang sedang terjadi. Metode yag digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam pembahasan adalah data hasil pendeskripsian dari teks berita, kajian teori Van Dijk. Penelitian ini membahas analisis teks wacana kritis teori Van Dijk dalam teks berita Bayi Kembar Siam Dempet di Kamber Perscut Sei Tuan. Untuk menganalisis suatu teks, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan. Menurut Van Dijk, teks berdiri dari bebera elemen, yaitu tematik, skema, latar, detail, maksud, koherensi, bentuk kalimat, kata ganti, leksikon, dan praanggapan.

Keywords


Kata kunci: analisis wacana kritis, analisis wacana berita, teori Van Dijk.

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. 2009. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2009. Analisis Wacanaa: Pengantar Analisis Teks Media, Yogyakarta: LkiS.

Halliday, M.A.X. dan Hassan, R. 1979. Bahasa, Teks, dan Konteks. Yogyakarta: UGM Press.

Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang dari Persiapan Presentasi dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung : Nuansa Cendekia.

Mohammad A.S. Hikam. 1996. Bahasa dan Politik: Penghampiran Discursive Practice, dalam Yudi Latif dan Idi Subandy Ibrahim (ed), Bahasa dan kekuasaan: Politik Wacanaa di Panggung Orde Baru, Bandung: Mizan.

Seng. 1995. Kesinambungan Topik Dalam Bahasa Melayu. Kuala Lumpur Sinar, T.S. 2010. Teori & Analisis wacana.Pustaka Bangsa Press.

Stubbs, Michael. 1983. Discourse Analysis: The Sociolinguistic Analysis of Natural Language. Oxford: Brasil Blackwell Publisher Limited.

Tatigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Wacana. Bandung: ANGKASA.

Van Dijk, Teun A (ed). 1985. Structures of News in the PressDiscourse and Communication New Approachs to the Analysis of Mass Media Discourse and Communication. New York: Walter de Gruyter.

Yoce Aliah Darma, Analisis Wacana Kritis Bandung, Yrama Widya, 2009.

https://medan.tribunnews.com/2021/12/14/bayi-kembar-siam-dempet-perut-di-percut-sei-tuan-butuh-bantuan-gubsu-edy-rahmayadi-untuk-dioperasi




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.10243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.