Penerapan Software GeoGebra Dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri

Ahmad Rahmatika, Ismail Hanif Batubara, Indah Purnama Sari

Abstract


Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang diajarkan dengan Software GeoGebra dan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara media yang digunakan dengan hasil belajar khususnya yang berbaur tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan bantuan dengan Software GeoGebra dan satu kelas lagi sebagai kelas control tanpa bantuan Software Geogebra. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes terhadap lima soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan Software Geogebra pada materi trigonometri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan software Geogebra. Selain itu tidak terdapat interaksi antara hasil belajar dengan kemampuan awal matematis mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik mahasiswa.


Keywords


Software GeoGebra, Kemampuan Komunikasi Matematis, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 4754. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219

Batubara, I. H. (2019). Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 68. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1371

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Kata Kunci: Kretivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah. BIBLIO COUNS, 1(2), 4353. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Batubara, I. H., Dachi, S. W., & Wahyuni, S. (2019). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Geogebra. 1(3), 16.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Novita, A., Lubis, B. S., Febri, E., Utara, S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2 Software Geogebra tersebut akan menjadikan pembelajaran matematika Media ICT yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Software Geogebra yakni software m. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854859.

Batubara IH. (2017). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Umsu, 6, 97104.

Hasibuan, S. A., & Hasibuan, S. S. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Mandailing Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 141152. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/513

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

Maisyarah, & Surya. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis ( Connecting Mathematics Ability ) Siswa dalam Kemampuan Koneksi Matematis ( Connecting Mathematics Ability ) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 08. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/321803645_Kemampuan_Koneksi_Matematis_Connecting_Mathematics_Ability_Siswa_dalam_Menyelesaikan_Masalah_Matematika

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2018). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.265

Nuraida, I., & Amam, A. (2019). Hypothetical Learning Trajectory in Realistic Mathematics Education To Improve the Mathematical Communication of Junior High School Students. Infinity Journal, 8(2), 247. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p247-258

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plus Minus Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 207222.

Rifai, R. (2015). Penggunaan Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 30.

Sritresna, T. (2017). P Emanfaatan K Onsorsium M Ikrobia U Ntuk M Eningkatkan K Inerja S Istem L Umpur a Ktif. Jurnal Mosharafa, 6(3), 1722.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.10581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.