Pengembangan E-Modul Kapiler Praktikum IPA Berbasis Android

Azizah Azizah, Sinta Satria Dewi Pendit, Jeisi Riska S Mentu, Ryan Andhika Pratama

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini diawali dengan siswa sulit memahami materi yang disampaikan secara Daring melalui Whatsapp grup ataupun Zoom Meeting. Dengan banyaknya materi yang harus disampaikan dengan waktu yang terbatas, membuat guru memilih materi-materi yang dianggap urgent saja untuk diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul praktikum IPA berpendekatan discovery learning (e-modul KAPILER) berbasis Android yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV, V, dan VI di SD IT Khalifah, SDN Tondo, SDN Biro, dan SDN 8 Mamboro. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar kuesioner validasi media, validasi materi serta validasi pengguna. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai validitas media, validitas materi dan kepuasan pengguna masing-masing sebesar 88, 88, dan 85 dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul e-kapiler berbasis android yang dikembangkan masuk pada kriteria sangat valid dan sangat praktis. Sehingga modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya untuk kegiatan praktikum di kelas IV, V dan VI sekolah dasar.


Keywords


e modul, Kapiler, Android, Praktikum IPA, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Annisa, K., & Sari, M. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Berorientasi Chemoentrepreneurship (Cep) Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas Xii Ipa Sma. Edusainstika : Jurnal Pembelajaran Mipa, 1(2), 6972.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Aksioma, 7(1), 161170.

Arikunto, S. (2010). Metodologi Penelitian. Rineka Cipta.

Aria, R.R. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru. Jurnal Perspektif, XIV (1), 62-70.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Asmurti, Unde, A. A., & Rahamma, T. (2017). Dampak Penggunaan Smartphone Di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Kareba, 6(2).

Azizah, & Fajeriah, S. (2021). The Effect Of Offline Learning Model Assisted In Practicum Discovery Learning On Learning Outcomes. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 663671.

Azizah, Herlina, Tacaali, S. A. A., & Aqil, M. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Inpres 6 Lolu. Journal Of Elementary Education, 5(1), 1322.

Azizah, & Winarti, P. (2018a). Pengembangan Modul Discon Sains Di Sekolah. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3), 234243.

Azizah, & Winarti, P. (2018b). Pengembangan Modul Praktikum Dilan ( Discovery Learning) Untuk Pembelajaran Sains Di Kelas V Sekolah Dasar. Jtiee, 2(2), 168183.

Diantari, L. P. E., Damayanthi, Luh Putu Eka Sugihartini, N., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran Kkpi Kelas Xi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 7(1), 3348.

Hewitt, P. G., Lyons, S., Suchocki, J., & Yeh, J. (2007). Conceptual Integrated Science,. Pearson, Addison Wesley.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 1116.

Intan, N. A. R., & Mampouw, H. L. (2021). Pengembangan E-Modul Berani Berbasis Android Pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 374387.

Ismulyati, S., Khaldun, I., & Munzir, S. (2015). Pengembangan Modul Dengan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(1), 230238. Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V3i2.4148

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes. Parama Publisihing.

Maryati, M. (2019). Pengembangan E-Modul Android Appyet Berbasis Kearifan Lokal Lampung Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Ditingkat Sma. Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan.

Mustaqbal, M.S., Firdaus, R.F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3), 31-36.

Prastowo, A. (2014). Bahan Ajar Tematik. Kencana Prenadamedia.

Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa, 5(2), 151161.

Resmi, N. S. (2021). Paradigma Pendidikan Di Masa Covid -19 Memuluskan Era Revolusi Industry 4.0. Mutiara Hikmah.

Sari, D. K. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 Dengan Pendekatan Stem Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 4454.

Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2).

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Cv. Wacana Prima.

Thalib, A., Winarti, P., & Sani, N. K. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Serli (Discovery Learning) Untuk Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 5364. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V7i1.10817




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.