Pengaruh Kepribadian, Manajerial, dan Sosial Terhadap Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Serdang Bedagai Dengan Pelatihan Sebagai Variabel Moderating

Isthifa Kemal, Fadhil Pahlevi Hidayat, Nurman Ginting

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian, manajerial, dan sosiall terhadap peningkatan kompetensi kepala sekolah SMP di Serdang Bedagai dengan pelatihan sebagai variable moderating. Penelitian penguatan kompetensi ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data SmartPLS. Responden penelitian ini merupakan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai sebanyak 40 orang. Hasil analisis data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan menunjukkan bahwa, Tidak terdapat pengaruh signifikan kepribadian terhadap pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0,350 <1,68 dan hasil pvalues 0,727 >0,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan kepribadian terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0.,884<1,65 dan hasil pvalues 0,377>0,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan manajerial terhadap pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0,295<1,65 dan hasil pvalues 0,768>0,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan manajerial terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0,782<1,65 dan hasil pvalues 0,434<0,05. Terdapat pengaruh signifikan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 41,298>1,65 dan hasil pvalues 0,000<0,05. Terdapat pengaruh signifikan sosial terhadap pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 51,508>1,65 dan hasil pvalues 0,000<0,05. Terdapat pengaruh signifikan sosial terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 96,512>1,65 dan hasil pvalues 0,000<0,05.

Kata kunci: Kepribadian, Manajerial, Sosial, Peningkatan Kompetensi

Keywords


Personality, Managerial, Social, Competence Improvement

Full Text:

PDF

References


Blair, K. A., Denham, S. A., Kochanoff, A., & Whipple, B. (2004). Playing it cool: Temperament, emotion regulation, and social behavior in preschoolers. Journal of School Psychology, 42(6), 419–443. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2004.10.002

Bossert. (2002). Becoming a Good Principal: The Forst Years. Annual Meeting of The Midsouth Educational Research Association. USA: Litle Rock.

Cohen. (1982). The Principal anda Staff Development In The S Cohen. New York: Bank Street College in Education.

Crow, & Paterson. (1998). Improving School Public Relation Through Principal Leadership. New York: Allyn and Bacon.

Depdiknas. (2006). Petunjuk Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Dirketorat Pembinaan SMP.

Fullan, M. (2000). The New Meaning of Educational Change. New York: Colombia University.

Hidayat, F. P., & Ginting, R. (2020). Media Literacy of Communication Students in Using Facebook. ETTISAL : Journal of Communication, 5(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3947

Imergart, G. (1988). Leadership and Leader Behavior, in Handbook of Research Education Administration. London: Longman.

Kebudayaan, K. M. (1994). Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Kim, J., Kang, S., & Lee, K. H. (2020). How social capital impacts the purchase intention of sustainable fashion products. Journal of Business Research, 117(November 2017), 596–603. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.010

Leithwood, & Montgomery's. (1998). The Principal First Years: The Mutual Process of Developing Leadership. Educational Leadership.

Melewar, T. C., Foroudi, P., & Jin, Z. (2020). Corporate branding, identity, image and reputation: Current and future trends, developments and challenges. Journal of Business Research, 117(xxxx), 672–674. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.06.030

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Oteng, S. (1996). Administrasi Pendidikan: Petunjuk Praktis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Pendidikan, B. S. (2006). Naskah Akademik Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Sahudra, T. M., Taher, A., & Kemal, I. (2021). E-Learning Development Management With The Schoology Improving Geographic Learning Literation. Journal of Education Technology, 5(1), 70. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33631

Setyanto, E., & Kemal, I. (2017). THE EFFECTIVENES OF MANAGERIAL SKILLS OF STATE ELEMENTARY SCHOOL PRINCIPALS IN EAST JAKARTA. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(2).

von den Driesch, T., da Costa, M. E. S., Flatten, T. C., & Brettel, M. (2015). How CEO experience, personality, and network affect firms’ dynamic capabilities. European Management Journal, 33(4), 245–256. https://doi.org/10.1016/j.emj.2015.01.003




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.11787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.