Pengaruh Media Pembelajaran Ludo Math Terhadap Hasil Belajar

Lidya Hastuti, Ida Suryani, Jayanti Jayanti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Media Pembelajaran Ludo Math belum digunakan oleh guru SD Negeri 1 Bubusan. 2. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru yang masih menggunakan metode konvensional, sehingga kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. 3. Rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yaitu 75 pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media pembelajaran ludo math terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bubusan. Metode yang digunakan metode kuantitatif jenis Quasy Experimental Design dan bentuk desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian di SDN 1 Bubusan di Kec. Jejawi, Kab. Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian pada pengaruh media pembelajaran Ludo Math terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bubusan didapat bahwa dengan menerapkan media pembelajaran ludo math sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran ludo math terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bubusan

Keywords


Pengaruh Media, Ludo Math, Hasi belajar siswa

References


Anastasya , V. E., Ristiyani, & Fajrie, N. (2020). Permainan Ludo Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9-14.

Andi, K. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.

Aristin, Rini; Azizah, Rina Nur. (2018). Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Desa Kaduara Timur Sumenep Madura. Jurnal Reformasi, 120-135.

Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). pengembangan media ludo math pada materi pecahan sederhana bagi peserta didik kelas III sekolah dasar. jurnal ilmiah pendidikan, 28-35.

Farida, N., Hasanudin, & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL)-QR-CODE Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 225- 236.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. jurnal Tahsinia, 11-19.

Gunawan, & Ritongga, A. A. (2019). media pembelajaran berbasis industri 4.0. Medan: RajaGrafindo Persada.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harapan , T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., . . . Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 197-188.

Hidayati , N. (2017). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajara Matematika Siswa Kelas V SDN Jurung Sewon . Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 169-172.

Humas. (2020, januari). Angkat Permainan Tradisional Ludo Menjadi Media Pembelajaran .

Kustandi, C., & Darmawan , D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep& Aplikasi pengembangan Media pembelajaran bagiPendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Maria , S., Saputri, D. F., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (IPSA), 30-35.

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta didik Sekolah Dasar. jurnal primary edu(JPE), 69-82.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2617-2625.

Ndasung, D. J. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3014- 3018.

Ningsih , S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Purnama Trimurjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 50- 59.

Nisa, R. H., & Wiryanto. (2019). Pengaruh penggunaan media ludo terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD . jurnal PGSD, 2909-2919.

Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta: ANDI (Anggota (IKAPI).

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara. (2017). Dasar - Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Oktafiana, R., Sumantri, I., Shalilah, N. M., & Farid,

A. (2023). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mis Darunnajah 2 Cipining Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, 123-131.

Perry , H. (2022, Desember senin). Ludo Sebagai Media Pembelajaran. Ludo Sebagai Media Pembelajaran.

Rahma, F. C. (2021, juni 01). Cara Bermain Ludo.

Rahman , Sunarti. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. 289-302.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. jurnal pendiidikan ekonomi undiksha, 317-327.

Ridhahani. (2020). Metodologi Penelitian Dasar Bagi Mahasiswa Dan Peneliti Pemula . Banjarmasin : Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari .

Rozak, A. (2021). KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI

INDONESIA. Journal Of Islamic Education , 197- 208.

Salmaa. (2022, juni). Penelitian Yang terdahulu. Setiawan, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran .

Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: ALFABETA.

Suratman, A., Rakhmasari, R., & Apyaman, D. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. jurnal analisis, 41-50.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Ke Dua. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). permainan Ludo untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran matematika. journal of elementary education, 130-137.

Wandini , R. R., & Banurea, O. K. (2019). pembelajaran matematika untuk calon guru. medan: CV. Widya Puspita.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspekif Total Quality Management. Ainara Journal ( Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 239-246.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fondation, 109-116.

Yudha , J. R., & Sri, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadapa capaian kompetensi mahasiswa. jurnal of telenursing (JOTING) , 538- 545.

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi , 153-158.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.