Pengembangan LKPD Bidang Datar Berbasis Budaya Padang Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project

Emilia Sofwani, Elis Mardiana Panggabean

Abstract


Pada penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD bidang datar berbasis budaya Padang dengan model pembelajaran missouri mathematics project yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan untuk peserta didik di tingkat SMP kelas VII. Penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, dan (5) fase implementasi. Kevalidan LKPD dilihat berdasarkan hasil validasi ahli dan hasil validasi mencapai kriteria sangat valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,73 dan ahli media 3,82. Kepraktisan LKPD dilihat berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan hasil kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 3,86. Keefektifan LKPD dilihat berdasarkan tes hasil belajar dan hasil keefektifan mencapai kriteria sangat efektif dengan persentase ketercapaian peserta didik 81,81%.


Keywords


pengembangan, LKPD, bidang datar, budaya padang, Missouri mathematics project

Full Text:

PDF

References


Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2089-8703. 6(2), 225-233.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN: 2089-8592. 6(1), 97-104.

Dachi, S. W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Jurnal EduTech, ISSN: 2442-6024. 4(2), 69–73.

Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2549-4937. 2(1), 133–150.

Diana, N. Manajemen Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Lampung. Vol XII, 183–208.

Khairunisa, U., Azis, Z., & Sembiring, M. B. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills. Journal of Mathematics Education and Science, ISSN: 2579-6550. 6(1), 56–61.

Ningrum, P. I., & Mushlihuddin, R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Strategi REACT Pada Materi Trigonometri di SMK PAB 3 Medan Estate T . P 2019 / 2020. 1, 180–185.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714

Panggabean E. M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar dengan Strategi REACT pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTEch, ISSN: 2442-6024. 1(1).

Putra, B. M., Salahudin, M., & Oya, A. (2020). Proses Berfikir Mahasiswa dalam Pengajuan Soal Matematika Tipe Post Solution Posing Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2775-1864. 01(01), 18–23.

Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidik. PT. RajaGrafindo Persada.

Syahrin, M. A., Turmudi, T., & Puspita, E. (2016). Study ethnomathematics of aboge (alif, rebo, wage) calendar as determinant of the great days of Islam and traditional ceremony in Cirebon Kasepuhan Palace. AIP Conference Proceedings, 1708(2016). https://doi.org/10.1063/1.4941172

Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. H. (2016). Eksplorasi Etnomatematika Pada Sero (Set-Net) : Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya (Vol. 1, Issue 1).

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.12013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.