Pengaruh Budaya Sekolah, Kompetensi, Dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara

Sri Wahyuni, Indra Prasetia, Emilda Sulasmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan kompetensi melalui kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi kinerja guru SMA di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Sampel dalam penelitian ini adalah 83 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap motivasi kerja. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,63 yang berarti bahwa budaya sekolah memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 63% dan sisanya yaitu 37% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi ? = 59,448 + 2,367 X1. Pengaruh kompetensi terhadap motivasi kerja ditunjukkan koefisien determinasi R2 (R square) = 0,33 yang berarti bahwa kompetensi pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 33% dan sisanya yaitu 67% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi ? = 59,448 + 2,002 X2. Pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi kerja ditunjukkan koefisien determinasi R2 (R square) = 0,428 yang berarti bahwa kualitas kehidupan kerja pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 42,8% dan sisanya yaitu 57,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi ? = 59,448 + 1,602 X3. Pengaruh positif dan signifikan budaya sekolah (X1), kompetensi (X2), dan kualitas kehidupan kerja (X3) secara bersama-sama terhadap motivasi kerja. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,238 yang berarti bahwa budaya sekolah (X1), kompetensi (X2), dan kualitas kehidupan kerja (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 23,8% dan sisanya yaitu 76,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan ? = 59,448 + 2,367 X1 + 2,002 X2 + 1,602 X3

Keywords


Budaya Sekolah, Kompetensi, dan Kualitas Kehidupan Kerja, Motivasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz. 2013. Memahami Organisasi Pendidikan :Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Abdul Hadis dan Nurhayati, 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Abdul Majid, 2013. Srategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Afandi, Pandi 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Zanafa Publishing, Yogyakarta: Alfabeta

Ahmad Susanto, 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru : Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Kencana

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Barnawi & M, Arifin. 2013. Mengelola Sekolah Berbasis Enterpreneurship. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Daryanto & Mohammad Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Dede Sandi, 2013. Motivasi. diakses pada 11 Februari 2019, dedesand.i69.blogspot.com/2013/03/pengawasan.html?m=1 diakses pada tanggal 21 oktober 2021

Depdiknas. 2007. Pengembangan Budaya dan Iklim Pembelajaran di Sekolah (materi diklat pembinaan kompetensi calon kepala sekolah/kepala sekolah). Jakarta: Depdiknas RI.

Dewi Nurpuspitasar, dkk, 2019. Efektivitas Pembelajaran Ditinjau Dari Supervisi. Bandung: Alfabeta

E. Mulyasa, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Edy, Sutrisno.2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group 116-120.

Erwina, Ella 2016. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Demokratis Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Tanjung Perak Surabaya. Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya.

Hamzah B. Uno, 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Kasiram, Moh. 2008 .Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers

Kompri, 2015. Manajemen Pendidikan : Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah.Yogyakarta : Ar-Ruzz Medan.

------------, 2016 .Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kulsum Umi. 2011. Implementasi Pendidikan Berbasis PAIKEM (Sebuah Paradigma baru Pendidikan di Indonesia). Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Kunia putri, dan Amini, 2021. Pengaruh Iklim, Kultur, Dan Kinerja Struktur Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Jurnal pendidikan islam vol 17 (2).

Kurnia, A & Qomaruzzaman B. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Komariah, Aan & Cepi Triatna. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mangkuprawira, TB Sjafri. 2009. Bisnis Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Bogor: IPB Press.

Martimis Yamin, 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta : Gaung Persada

Mulyasa, 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya

Nanang Purwanto. 2014. Pengantar Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Peterson, Kent D. Dan Terrence E Deal. 2012. The Shiping School Culture Fieldbook. San Francisco: Jossey-Bass.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Guru dan Kompetensi Guru.

Pemerintah RI Nomer 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahayu, dwi retno (2014). Peran Guru Dalam Budaya Sekolah Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdn Mojolangu 1 Malang. Other thesis, university of muhammadiyah malang. Http://eprints.umm.ac.id/24634/ diakses pada tanggal 27 oktober 2021.

Ramayulis, Samsul Nizar, 2010. Filsafat pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Riggio, Ronald E. 2009. Introduction To Industrial/Organizational Psychology,.Fifth Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Printice Hall.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Keprofesionalisme Guru. (Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudarwan Damin. 2010. Profesinolisasi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

-----------, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

-----------, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Jakarta: Gavin Kalam Utama.

Zulkarnaen dkk, 2020. Pengaruh Budaya Sekolah, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK. Vol 8, No 2 (2020). https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/33867 diakses pada tanggal 14 Juni 2022.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.12173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.