Analisis Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa

Milzam Zibrullah, Jayanti Jayanti, Masagus Firdaus

Abstract


Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep ips siswa terhadap materi keragaman suku bangsa di kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dikumpulkan peneliti yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru dan siswa dan dokumentasi hasil lembar kerja siswa di SD Negeri 136 Palembang dilihat dari hasil lembar kerja siswa kelas IV  mengenai pemahaman konsep IPS materi keragaman suku bangsa terdapat 3 kategori yaitu sangat baik, baik dan cukup. Dari 26 siswa terdapat 5 siswa termasuk dalam kategori sangat baik 19,23%, 12 siswa termasuk kategori baik 46,15% dan 9 siswa termasuk dalam kategori cukup 34,61%. Dapat diketahui bahwa nilai rata-rata tingkat pemahaman konsep IPS sebesar 76,73%. Dengan demikian nilai rata-rata tersebut terdapat pada interval 76-85% yang termasuk dalam kategori baik. 


Keywords


Pemahaman Konsep, IPS

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Nurul. 2019. Keragaman Budaya. Semarang : ALPRIN.

Amalia, Uly dkk. 2017. New Edition Mega Bank Soal SD/MI Kelas 4, 5, & 6. Jakarta : Bmedia.

Ayudia, Inge dkk. 2022. Pendidikan IPS Sekolah Dasar. Bandung : Media Sains Indonesia.

Arikunto, dkk. (2014), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baiduri, dkk. 2021. Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal. Malang : Anggota IKAPI.

Ilyas, dkk. 2022. Memahami Konsep Fisika Melalui Praktikum Laboratium Virtual. Bandung : Media Sains Indonesia.

Lerista, Tri dkk. 2022. Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1366-1369.

Mustadi, Ali dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Indonesia : UNY Press.

Nawir, Muhammad dkk. 2022. Pendidikan IPS dan Kemampuan Memecahkan Masalah. Sukabumi : CV. Haura Utama.

Nugraha, Mohammad Fahmi dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Edu Publisher.

Okpiani, Seli dkk. 2022. Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 18 Lahat. Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 57-68.

Rifa’i, Ahmad Yasir dkk. 2020. 28 Cara Senang Belajar Matematika. Magelang : Pustaka Rumah C1nta.

Rosyadi, Alfiani Athma Putri. 2018. Statistika Pendidikan. Malang : Anggota IKAPI.

Seran, Yunitha Eliana dan Mardawani. 2021. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : ALFABETA.

Sujana, I Wayan. 2019. Upacara Nyiramang Layon Di Merajan Pada Pasek Gede Jong Karem Desa Adat Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Bali : NILACAKRA.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Supeni, Siti. 2020. Internalisasi Pendidikan IPS dalam Perspektif Global pada Sekolah Dasar. Surakarta : UNISRI Press.

Suryani, Ela. 2019. Analisis Pemahaman Konsep? Two-tier Test sebagai Alternatif. Semarang : CV. Pilar Nusantara.

Tsabit, Dedi dkk. 2020. Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran IPS Sistem Daring di Kelas IV.3 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(01), 76-88.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.12905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.