Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter (Studi di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Pancurbatu Deli Serdang)

Liza Mahdalena, Sri Nurabdiah Pratiwi, Akrim Akrim

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahuai Perencanaan,Pelaksanaan dan Evaluasi Implementasi Kurikulum Pendidikan Al-Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Pancurbatu Deli Serdang,serta Karakter unggulan apa saja yang terbentuk dalam Imlpementasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Pancurbatu Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian dengan melakukan proses eksplorasi dan memahami makna perilaku individu dan kelompok, menggambarkan masalah sosial atau masalah kemanusiaan. Penelitian ini juga termasuk penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme karena peneliti berusaha untuk mendeskripsikan kondisi objek yang alamiah dan tidak dibuat-buat karena ini penelitian ini juga disebut penelitian naturalistik. Perencanaan,Pelaksanaa Pendidikan Islam pada TK ABA Pancur batu dilaksanakan cukup baik dalam membuat kebijakan mutu sekolah dengan membuat visi misi yang tertuju pada karakter. Proses Pendidikan Islam dalam menguatkan karakter terdiri dari strategi dan metode guru, guru dan siswa, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, pembiasaan, dan lingkungan sekolah

Keywords


Implementasi, Kurikulum, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ahsan Akmal Muh. Pendidikan Karakter Di Indonesia (Telaah Gagasan Haedar Nashir) Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398Vol. 7, No. 5, Mei 2022

Ahid, Nur. “Konsep dan Teori Kurikulum dalam Dunia Pendidikan” dalam Jurnal

Ainih, Nur Dwi Lestari “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai karakter Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 3 Adipuro”. 2020 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro

Ainiyah, Nur, Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013.ISSN 1412053413

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya” dalam Jurnal Islam Futura Volume XI, No. 1, Agustus 2011. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2011.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Daryanto & Suryatri. Darmiatun, Implementasi Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Gava Media, 2013), h. 9

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Buku_8_Fungsi_Keluarga.pdf Penanaman Dan Penerapan Nilai Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Tahun 2017

Ghufron, A. 2010. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/ 230/pdf_23, diakses 11 juli 2022)

Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2008.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2003. Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, Cet III, 2004.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.14581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.