Manajemen Strategis Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Profesional Kerja Tenaga Pendidik Dankependidikan di SMK Muhammadiyah 8 Medan

Safrijal Efendi, Sri Nurabdiah Pratiwi, Emilda Sulasmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perencanaan manajemen strategis pengembangan SDM, Untuk mengetahui proses manajemen strategis pengembangan, Untuk mengetahui implementasi manajemen strategis pengembangan, Untuk mengetahui peningkatan manajemen strategis pengembangan SDM di SMK 8 Muhamadiyah Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunnjukkaan bahwa Kepala sekolah di di SMK 8 Muhamadiyah Medan telah membuat perencanaan manajemen strategis pengembangan SDM di SMK 8 Muhamadiyah Medan dengan menerapkan kedisiplinan, motivasi, kontrol, serta pemberian penghargaan. Proses manajemen strategis kepala sekolah untuk pengembangan SDM di SMK 8 Muhamadiyah Medan dengan disiplin dalam melaksanakan, memberikan dukungan dan motivasi dalam melakukan pekerjaannya memberikan penghargaan kepada guru untuk memotivasi meningkatkan kinerja yang positif dan produktif..Implementasi manajemen strategis kepala sekolah pengembangan dengan mengikuti kegiatan seminar yang mana guru belajar, berbagi dan saling bertemu dari berbagai bidang di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti ragam seri belajar serta berbagi ragam bentuk pembelajaran; dan 2) mengikuti MGMP yang mana melalui MGMP telah memacu semangat guru dalam menciptakan metode pengajaran yang inovatif dan efektif. Telah terjadi peningkatan setelah manajemen strategis kepala sekolah pengembangan SDM di SMKS Muhammadiyah 8 Medan yang dilihat dari jawaban sangat sering dan sering yang hampir seluruh responden menjawab dengan jawaban tersebut. Dimana jawaban sangat sering dan sering mengarah kepada hal yang positif


Keywords


Manajemen Strategis, Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Achmad, S. Rucky. 2006. Sistem Manajemen Kinerja PT. Gramedia Pustaka. Jakarta. Aditama.

Ardiana, E. T. 2017. Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di kota Madiun. Jurnal akuntansi dan pajak, 17(2)

Barthos, Barsir. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Bumi Aksara.

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.

Bambang, Wahyudi. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Sulita

Bambang Soepeno, S. d. (2016). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sejarah Di Man Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Humaniora , Vol.53, 1- 10. Jember: Universitas Jember.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Visimedia.

Ferdinand Augusty, 2002. SEM. Dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. Indonesia.

Firman. 2020. Peranan MGMP Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA di Kota Balikpapan. Jurnal Sains Terapan, 2(1)

Goomes, F.C 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yongyakarta: PT.Andi Offset.

Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani, (2011). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Kurniadin, Didin Dan Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhson, Ali. (2014). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan, Jurnal Cendekia, Vol. 2, No. 1, 1 Agustus 2014.

Mulyasa, E, 2015, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara

Pata, R. (2017). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Unggulan Puri Taman Sari Kota Makassar. Skripsi , I-126. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Rizal, S. A. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru SMP. Jurnal Ulul Albab, 23(1)

Sadili Samsudin, M.M.M.Pd (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia

Sedarmayanti, (2010). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Cetakan Ke II, Bandung: Mandar Maju

Schermerhorn, Jhon R. (2011). Management, New York.

Srii Nurabaidah Pratiwi. 2016.Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah . Jurnal Edutech. Vol 2 No 1.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013: Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru. Cet, I; Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartono, S. (2009) Filsafat Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Ulfatin, Nurul dan Teguh Triwijayanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Prasada

Tim Dosen Jurusan Adminitrasi Pendidikan. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Adminitrasi pendidikan Universitas pendidikan Indonesia.

Usman, Effendi. (2014). Ass Manajemen. Cetakan ke II. Jakarta: Rajawali Pers

Undang-Undang R.I Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Wukir. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah, Cet.I; Yogyakarta: Multi Presindo.

Yamin, Martinis Dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.14582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.