Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Berbasis Islam (Studi Kasus di Yayasan Pendidikan Islam Waladun Shalih)

Syarifah Yusmairoh, Emilda Sulasmi, Indra Prasetia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah berbasis islam di SD yayasan pendidikan Islam Waladun Shalih, menganalisis implikasi dari pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SD Yayasan Pendidikan Islam Waladun Shalih dan untuk mendiskirpsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Yayasan Pendidikan Islam Waladun Shalih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, dengan tiga alur kegiatan, yakni: reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: SD Yayasan Pendidikan Islam Waladun Shalih adalah gaya kepemimpinan transformasional yang tercermin dari perilaku yang selalu menyerap aspirasi bawahannya, memberdayakan para bawahan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan bawahan dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya dan mempercayai, berusaha menciptakan saling menghargai, simpati terhadap sikap bawahan, memiliki sifat bersahabat, menumbuhkan peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan dan kegiatan lain, dengan mengutamakan pengarahan diri, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kedua, Kepemimpinan kepala sekolah sangat banyak memberi implikasi terhadap peningkatan kinerja guru sekolah tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan pemberian motivasi pada guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan penuh kesabaran dan sikap yang disiplin yang dimiliki oleh kepala sekolah. Kepala sekolah mampu melakukan pendekatan secara psikis terhadap bawahannya untuk memahami sifat dan karakter kepribadian para guru guna untuk memotivasi kinerja guru.


Keywords


Pola Kepemimpinan, Kinerja Guru, Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Aan Komari,Cepi Triana. (2006). Visioneriy Leadership Menuju Sekolah Efektif

Jakarta: Bumi Aksara,.

Abdullah Munir (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Ahmad.(2018). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Depok: Prenadamedia Group.

Aritonang, D. O. T. (2018). The Efforts to Improve the Quality of Education in North Tapanuli Regency. International Journal of English Literature and Social Sciences, 3(6), 1154–1159. https://doi.org/10.22161/ijels.3.6.30

Baharudin, Umiarso. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Basrowi, Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dadang, Suhardan, (2011. Manajemen Pendidikan Cet. IV; Bandung: Alfabeta,. Daliman. (2012). Metode Penelitian Sejarah. Penerbit Ombak: Yokyakarta

Daryanto, (2011) Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Gave Media, Yogyakarta.

Sulasmi, E. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan-Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

E. Mulyasa,( 2011) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT bumi Aksara.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif Dan Kualitatif.

Jakarta: Rajawali Pers.

Fridayana Yudiaatmaja, Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya, Media Komunikasi FIS Vol 12, No 2 Agustus 2013.

Hasan Basri (2013). Landasan Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia

Herminingsih, A., & Supardi, W. (2017). The Effects of Work Ethics, Transformational and Transactional Leadership on Work Performance of Teachers. Management Studies, 5(3). https://doi.org/10.17265/2328- 2185/2017.03.009

Isjoni, (2007). Manajemen Kepemimpinan dalam Pendidikan, Bandung: Anggota IKAPI.

Martinis Yamin,Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru (Jakarta: Gaung Persada

Mackinnon, J. (2004). Academic Supervision: seeking metaphors and models for quality. Journal of Further and Higher Education, 28(4), 395–405. https://doi.org/10.1080/0309877042000298876

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Mulyadi, (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu, (Malang : UIN Maliki Pres.

Mulyasa (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : Rosdakarya

Muwahid Shulhan (2013). Metode Kepemimpinan Kepala Madrsah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta : Teras

Nanang Fattah.(2012). Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S . (2008). Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Nasution, S. (2008). Kurikulum & Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Nursalina, B., Lian, B., & Eddy, S. (2021). Influence of School Infrastructure and Work Environment on the Performance of High School Teachers.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. Efective Compentency Based School Model. Jurnal Tarbiyah, 27(1), 2020.

Prasetia, I, Melvayetty, S., & Dewi, R. The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimism Culture on Teacher Empowerment and Motivatioan Along Its Impact on the Effectiveness of Medan State Junior High School. IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies. Vol. 4, No. 2, 2020. 276 - 290 Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), 565(INCoEPP), 955–957.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.190

Prim Masrokan Mutohar. (2014). Manajemen Mutu Sekolah (Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam) Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pustowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif:Dalam Persfektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Raihani (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta : LKiS Printing Cemerlang

Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press.

Rudolf Kempa, (2015) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Studi tentang hubungan Perilaku Kepemimpinan, Ketrampilan Manajerial, Manajemen Konflik, Daya Tahan Stres Kerja dengan Kinerja Guru.penerbit Ombak

Savitri, E., & Sudarsyah, A. (2021). Transformational Leadership for Improving Teacher’s Performance During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020), 526(Icream 2020), 308–312.

Saleh, M., & Mutiani, M. (2021). The Role of the Principal in Increasing Teacher Performance Through Periodic Academic Supervision. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1135–1141. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.889

Steinmann, B., Klug, H. J. P., & Maier, G. W. (2018). The Path Is the Goal: How Transformational Leaders Enhance Followers’ Job Attitudes and Proactive Behavior. Frontiers in Psychology, 9.

https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02338

Sudarman Danim. Suparno. (2009) Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional KepalaSekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Supardi, (2013). Kinerja Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta:UNS

Syafaruddin (2010). Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta : Ciputat Press

Taliziduhu Ndraha, (2000). Manajemen Perguruan tinggi, Jakarta : PT. Bina Aksara,

Tarigan, Z. J. H., Sutapa, I. N., Mochta, J., & Suprapto, W. (2019). Measuring Teachers’ Competency in Determining Students’ Satisfaction through Electronic Internet Survey Method. International Journal of Information and Education Technology, 9(3), 236–240. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.3.1206

Uhar Saputra (2013). Administrai Pendidikan, Bandung : PT Reflika Aditama

Ujang Wahyudin, E. Bahrudin, Maemunah Sa’diyah. Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Akhlak Peserta Didik. Jurnal Tawazun Volume 11 No. 1 Januari – Juni 2018

Usman, Moh. Uzer. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Wahjosumijo, (2011) Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Wibowo (2014). Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Williams Jr, R., Raffo, D. M., & Clark, L. A. (2018). Charisma as an attribute of transformational leaders: what about credibility? Journal of Management Development, 37(6), 512–524. https://doi.org/10.1108/JMD-03-2018-0088

Zaenal mustofa, (2009) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa (di SMP Pondok Modern Selamat Kendal),.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.14583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.