Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Guru di SMK Negeri 1 Galang Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kepemimpinan partisipatif untuk meningkatkan pemberdayaan guru di SMK Negeri 1 Galang dan kepala sekolah mampu mengambil keputusan ketika guru-guru membutuhkan pencapaian mutu pendidikan sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif, naturalistik dan tekhnik triangulasi. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta terjun kelapangan. Dalam penelitian ini peneliti membahas pemberdayaan guru. Yang di maksud dengan pemberdayaan guru adalah merupakan unjuk kerja yang dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah. Jadi pemberdayaan di tentukan dari proses penilaiaan dan pertimbangan atas pekerjaan seseorang oleh atasan seseuai dengan tujuan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang merupakan bahwa kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan pemberdayaan guru yang meliputi pembuatan Rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasi yang di tunjukkan oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja lebih bersemangat. Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah tersebut. Kepala sekolah lebih terlibat dalam mengelolah kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya. Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan. Serta pembentukan ekstrakurikuler kepada siswa/siswi yang memilih mengembangkan minat dan bakatnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Choliq, 2014. Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksanaan. Dari Formulasi ke. Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
E.B. Surbakti, 2012. Panduan Lengkap Manajemen Perusahaan, Jakarta: Praninta Aksara
Emilda Sulasmi, 2020. Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengelolaan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Bildung Nusantara.
Gerungan, W.A. 2007. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco
Gibson, 1997. Organitation. Behaiviour, Structure & Process. Texas: Buseness Publication.
Handoko, Hani. Manajamen. Jakarta: BPFE
Hersey, Paul dan KennertH Blaancard. 1998. Management Of Organizational Behaviour: .Utilizing Human Resourcehs America. Printice Hall , Inc
Imam Moedjino, 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian, (Jogjakarta: UII Press
Maxwll Jhon C, 2018. Leadership 101(Kepemimpinan 101). Tanggerang: Karisma Inti Ilmu.
Knoontz, O’Donnell dan weihrich, 1986. Intisari Manajemen, Jakarta: Bumi aksara
Luthans, Fred. 1995. Perilaku Organisasi. Terjemahan, Yogyakarta: Perpustakan Nasional.
Marwansyah, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, (Bandung: Alfabeta, 2012
Moeheriono. 2012. PengukuranKinerjaBerbasisKompetensiEdisirevisi. Jakarta: Grafindo
--------, 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia
Moelong, 2010. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya
Moelong, J Lexy. 2015. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung:RemajaRosdakarya
Mulyasa, 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Angkasa
Musfah, Jejen. 2015. Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan
Praktik). Jakarta: Prenada Media Group
Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail
Nana Sudjana, dkk. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
P. Siagian, Sondang.2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung
Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi Edisi ke 7 (Jilid II). Jakarta: Prehallind
Sudarmanto, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:CVAlfabeta
---------, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1)
Undang-undang republik Indonesia28 tahun 2004tentangPerubahan atasundang - undang nomor 16 tahun 2001Tentang yayasan
Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wahjosumidjo, J.M. 2010. Kepemimpinan Kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wahjosumidjo,J.M. 2008. Leadership for Quality: The free Press. TerjemahanE. Nugroho. Kepemimpinan Mutu. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
Wexley, kenneth. And Gary yulk.1992. Perilaku Organisasasi dan Psikologi personalia. Jakarta :Rhinneka Cipta
Winardi, 1994. Asas-asas manajemmen. Bandung: Alumni
Yulk, Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Aih Bahaan: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.14584
Refbacks
- There are currently no refbacks.