slot gacor slot demo slot gacor
Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Guru di SMK Negeri 1 Galang Kabupaten Deli Serdang | Saragih | EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Guru di SMK Negeri 1 Galang Kabupaten Deli Serdang

Rommy Saragih, Emilda Sulasmi, Salim Aktar

Abstract


Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kepemimpinan partisipatif untuk meningkatkan pemberdayaan guru di SMK Negeri 1 Galang dan kepala sekolah mampu mengambil keputusan ketika guru-guru membutuhkan pencapaian mutu pendidikan sekolah tersebut.  Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif, naturalistik dan tekhnik triangulasi. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta terjun kelapangan. Dalam penelitian ini peneliti membahas pemberdayaan guru. Yang di maksud dengan pemberdayaan guru adalah merupakan unjuk kerja yang dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah. Jadi pemberdayaan di tentukan dari proses penilaiaan dan pertimbangan atas pekerjaan seseorang oleh atasan seseuai dengan tujuan sekolah.  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang merupakan bahwa kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan pemberdayaan guru yang meliputi pembuatan Rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasi yang di tunjukkan oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja lebih bersemangat. Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah tersebut. Kepala sekolah lebih terlibat dalam mengelolah kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya.  Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan. Serta pembentukan ekstrakurikuler kepada siswa/siswi yang memilih mengembangkan minat dan bakatnya.


Keywords


Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Pemberdayaan Guru

Full Text:

PDF

References


Abdul Choliq, 2014. Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksanaan. Dari Formulasi ke. Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

E.B. Surbakti, 2012. Panduan Lengkap Manajemen Perusahaan, Jakarta: Praninta Aksara

Emilda Sulasmi, 2020. Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengelolaan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Bildung Nusantara.

Gerungan, W.A. 2007. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco

Gibson, 1997. Organitation. Behaiviour, Structure & Process. Texas: Buseness Publication.

Handoko, Hani. Manajamen. Jakarta: BPFE

Hersey, Paul dan KennertH Blaancard. 1998. Management Of Organizational Behaviour: .Utilizing Human Resourcehs America. Printice Hall , Inc

Imam Moedjino, 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian, (Jogjakarta: UII Press

Maxwll Jhon C, 2018. Leadership 101(Kepemimpinan 101). Tanggerang: Karisma Inti Ilmu.

Knoontz, O’Donnell dan weihrich, 1986. Intisari Manajemen, Jakarta: Bumi aksara

Luthans, Fred. 1995. Perilaku Organisasi. Terjemahan, Yogyakarta: Perpustakan Nasional.

Marwansyah, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, (Bandung: Alfabeta, 2012

Moeheriono. 2012. PengukuranKinerjaBerbasisKompetensiEdisirevisi. Jakarta: Grafindo

--------, 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia

Moelong, 2010. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya

Moelong, J Lexy. 2015. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung:RemajaRosdakarya

Mulyasa, 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Angkasa

Musfah, Jejen. 2015. Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan

Praktik). Jakarta: Prenada Media Group

Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail

Nana Sudjana, dkk. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

P. Siagian, Sondang.2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi Edisi ke 7 (Jilid II). Jakarta: Prehallind

Sudarmanto, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:CVAlfabeta

---------, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1)

Undang-undang republik Indonesia28 tahun 2004tentangPerubahan atasundang - undang nomor 16 tahun 2001Tentang yayasan

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wahjosumidjo, J.M. 2010. Kepemimpinan Kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo,J.M. 2008. Leadership for Quality: The free Press. TerjemahanE. Nugroho. Kepemimpinan Mutu. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo

Wexley, kenneth. And Gary yulk.1992. Perilaku Organisasasi dan Psikologi personalia. Jakarta :Rhinneka Cipta

Winardi, 1994. Asas-asas manajemmen. Bandung: Alumni

Yulk, Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Aih Bahaan: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.14584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.