Efektifitas Konseling Individual Berbasis Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dengan Menggunakan Teknik Cognitive Disputation Untuk Mengentaskan Afeksi Overpersonal Peserta Didik Broken Home

Hannysa Okta Fiyah Sani, Fitria Kasih, Rahma Wira Nita

Abstract


Afeksi memiliki peran penting dalam kualitas hubungan sosial dan kesejahteraan psikologis. Namun, afeksi overpersonal bisa menyebabkan perasaan berlebihan dan ketergantungan emosional pada orang lain, mengganggu hidup individu.  Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam mengatasi afeksi overpersonal melalui konseling individual. REBT mengidentifikasi dan mengubah pola pikir tidak sehat yang mendasari masalah emosional.  Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol. Individu dengan tingkat afeksi overpersonal yang signifikan dibagi menjadi kelompok eksperimen (terapi REBT) dan kelompok kontrol (perawatan standar).  Hasil penelitian menunjukkan kelompok terapi REBT mengalami perubahan signifikan dalam afeksi overpersonal. Partisipan juga melaporkan perubahan positif dalam sikap emosional dan pola pikir yang lebih adaptif.  Kesimpulannya, pendekatan REBT dalam konseling individual efektif mengurangi afeksi overpersonal dan membantu individu mengatasi distorsi emosional. Penelitian ini memberikan panduan praktisi konseling dalam mengatasi masalah afeksi overpersonal pada individu.


Keywords


Afeksi overpersonal, Konseling Individual, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy

References


Haolah, S., Atus, A., & Irmayanti, R. (2018). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Pelaksanaan Konseling Individual. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), Vol.1, Nomor 6

Kasih, Fitra, Citra Imelda Usman, Chana Indika. (2022). Efektifitas Layanan Konseling Behavioral dengan Menggunakan Teknik Desensitisasi untuk Mengurangi Rasa Tidak Percaya Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 Nomor 5

Rahma Wira Nita, Anisa Khairani, Citra Imelda Usman. (2010). Bentuk Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik dalam Belajar Berdasarkan Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (Studi di Kelas IX SMP Negeri 1 XI Tarusan). 1–9.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sulistiawati, Y., Amalia, R., & Rahma, A. (2021). Hubungan Kebutuhan Afeksi terhadap Perilaku Cyberbullying pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper Mahasiswa.

Triaswati. (2019). Pola Komunikasi Anak Santri di Pesantren Kilat Mesjid Baabussalam Taman Cibaduyut Indah Bandung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Pasundan.

Yanti, L. M., & Saputra, S. M. (2018). Penerapan Pendekatan REBT (Rasional Emotive Behavior Theraphy) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik. fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), Vol. 1 Nomor 6




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.