Efektifitas Self-Regulated Learning dalam Meningkatkan Ranah Kognitif Peserta Didik melalui Bimbingan Klasikal di SMA PGRI 4 Padang

Afri Naldo, Mori Dianto, Rahmawati Wae

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang masih mengalami keadaan kurangnya tanggung jawab dan kurangnya apresiasi terhadap pembelajaran di sekolah, yang berdampak pada kurangnya semangat dan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui hasil sebelum diberikan Self-Regulated Learning dalam meningkatkan ranah kognitif melalui bimbingan klasikal. 2). Mengetahui hasil sesudah diberikan Self-Regulated Learning dalam meningkatkan ranah kognitif melalui bimbingan klasikal. 3). Mengetahui efektifitas Self-Regulated Learning dalam meningkatkan ranah kognitif peserta didik melalui bimbingan klasikal di SMA PGRI 4 Padang. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian sebanyak 83 peserta didik SMA PGRI 4 Padang. Sampel pada penelitian sebanyak 50 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan: 1). Self-Regulated Learning peserta didik sebelum diberikan bimbingan klasikal, berada pada kategori rendah. 2). Self-Regulated Learning peserta didik sesudah diberikan bimbingan klasikal, berada pada kategori tinggi. 3). Adanya signifikansi dari Self-Regulated Learning dalam meningkatkan ranah kognitif peserta didik melalui bimbingan klasikal di SMA PGRI 4 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan dari guru BK agar dapat membantu peserta didik yang mengalami penurunan ranah kognitif melalui bimbingan klasikal dengan materi Self-Regulated Learning


Keywords


Self-Regulated Learning, Ranah Kognitif, Bimbingan Klasikal

References


Azwar, S. (2005). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas, P., & Trenggalek, K. K. (2016). Kontribusi Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran.

Mardoh Ryndi. Efektivitas Metode Peer Tutoring Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning (SRL) Siswa Kelas X SMK NEGERI 1 Kalasan, (2015).

Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-7.

Nurpitasari, E., Nurajizah, N., Nurhayati, D. F., & Bhakti, C. P. (2019). Blended Learning: Metode Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenata Media.

Noviyanti, R. (2013). Pengaruh Metode Blended Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riduwan, (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.

Santrock. J.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi pertama. Diterjemahkan oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Santrock. J.W. 2010. Psikologi Pendidikan. Edisi kedua. Diterjemahkan oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.

Sutikno. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek. Kontribusi Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran. (2016).

Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. (2010).




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16225

Refbacks