Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 2 Ranah Batahan

Rini Raudhatul Jannah, Suryadi Suryadi, Rila Rahma Mulyani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya peserta didik memainkan gadget saat proses belajar mengajar berlangsung dan adanya peserta didik yang datang terlambat diakibatkan asik bermain gadget hingga tidur larut malam. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan; 1) Penggunaan gadget peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ranah Batahan. 2) Minat belajar  peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ranah Batahan. 3) Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ranah Batahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ranah Batahan berjumlah 147 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 83 orang. Instrumen yang digunakan angket. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana.  Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, 1) Penggunaan gadget peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ranah Batahan berada pada kategori tinggi, 2) Minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2  Ranah Batahan berada pada kategori sangat inggi, 3) Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ranah Batahan dalam kategori kuat dan selebihnya dipengaruhi  oleh variabel lain yang  tidak terlihat dan terdekteksi oleh penelitian yang  peneliti lakukan ini. Maka hipotesis diterima yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan variabel penggunaan gadget terhadap minat belajar. Direkomendasikan kepada guru agar penggunaan gadget dapat membantu proses pembelajaran sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2  Ranah Batahan. 


Keywords


Pengguna Gadget, Minat Belajar

References


Ansori, M.2020. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Air Langga University press.

Dewanti, T, C. Widada & Triyono. 2016. Hubungan keterampilan sosial dan penggunaan gadget smartphone dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling .1(3): halaman 126-131

Depdiknas. 2008. Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Djamarah, B.S.2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Hasanah, N., & Kumalasari, D. 2015. Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman Pada Prilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah.

Judhita Christiany 2011. Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makasar. Jurnal Penelitian IPTEKKOM. Nomor 1, Volume 13, Halaman 1-23.

Kompri. 2017. Belajar; Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi pert. Yogyakarta: Media Akademi

Kurniawati, D. 2020. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78

Ma’ruf, Abdullah. 2015. Metode Penelitian, Populasi, Sampel, Data dan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mujib, M . 2013. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta

Nugraha dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Puplisher

Rahman, C.O. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Fkultas Ekonomi UNIY

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan. Bandung: Alfabeta. Rineka Cipta.

Rumengan, Y., & Talakua, C. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 33-40.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2023. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.