IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK NEGERI 1 PANCURBATU DELI SERDANG

DOROSLYN MAYJONES SIMAMORA, Indra Prasetia, Muhammad Isman

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1)  Mengetahui Implementasi kurikulum berbasis industri dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancur batu, (2) Mengetahui implementasi kurikulum berbasis industri di SMK Negeri 1 Pancur Batu, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum berbasis industri untuk meningkat mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancur Batu. Pendekatan penelitian yang  digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek kesiswaan dan Guru yang mengajar di SMK Negeri 1 Pancur Batu.Sedangkan Teknik Pengumpulan datanya diperoleh menggunakan Teknik Observasi,Teknik Wawancara dan Teknik Dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh peneliti dimana data mentah  diubah menjadi kumpulan informasi yang bisa digunakan dalam pengembangan penelitian ini, melalui data yang dihimpun kemudian disederhanakan sehingga data tersusun dengan rapi dan sistematis sehingga lebih mudah menarik kesimpulan penelitian ini  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum Industri dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancurbatu SMK Negeri 1 Pancurbatu adalah kurikulum yang mengadopsi atau pencampuaran antara kedua kurikulum yaitu kurikulum 2013 dengan kurikulum industri. (2) Pengimplementasian kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Pancurbatu adalah melakukan pembinaan, pelatihan keterampilan guru melalui kegiatan workshop dan kegiatan magang bagi guru produktif.serta melakukan workshop Inhouse Training  bagi guru adaktif dan Normatif, Kegiatan worskhop memberikan pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan proses belajar mengajar. (3) Faktor pendukung seperti ruang belajar,Workshop, dan laboratorium untuk praktikum siswa, serta sumber daya perofesionalisme guru dalam melaksanakan tugas khususnya. Faktor penghambat adalah masih terbatasnya sarana dan prasarana seperti beberapa alat praktek belum memenuhi kebutuhan seperti di industri.


Keywords


Implementation of Curriculum, Industrial Curriculum, Quality of Graduates

References


Ahmad, S. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan kepemimpinan Istruksional kepala sekolah. Jurnal Penerahan. 8(2) : 96-108

Ansyar.M , 2017, Kurikulum Hakikat Pondasi,Desain& Pengembanga, Jakarta,Kencana

Awalludin, N dan Fuadi, D, 2018, Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di SMK, Jurnal Managemen Pendidikan, 13(1) : 82 - 90

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006., Penyusunan KTSP Kabupaten/Kota; Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional,

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001. Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep Dasar, Jakarta: Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah,

Fashihah.W. ,2020, Strategi Revitalisasi Sekolah menengah Kejuruan (SMK)Teori dan Praktek Pamekasan Duta Media

Febrina, F, D & Syafril, E,P, E, 2022, Implementasi Kurikulum Berbasis Industri melalui Pendekatan Pembelajaran Sistem Blok pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Ma’arif Salam, UMP Press, Vol. 3

Frydenberg, M., & Andone, D. 2011. Learning for 21st century skills. International Conference on Information Society (i-Society 2011), 314–318.

Halili, S. H. 2019. Technological advancements in education 4.0. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 7(1), 63–69.

Hakim,L Dasar- Dasar Manajemen Pendidikan ,Timur Laut Aksara

Lee, A.D., Green., B.N., Johnson, C.D., dan Nyquist, J. 2010. How to write a scholarly book review for publication in a peer-reviewed journal a review of the literature. The journal of chiropractic education. 24 (1): 57-59.

Lexy. J. Moleong, 2000,Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Nurmayani,Implementasi kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan, 2017

Poerwati, L.E. & Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Qutudina A, 2020,Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mutu Pendidikan ,

Sabaruddin, 2022, Pendidikan Indonesia Dalam Mengahadapi Era 4.0, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi ,10(1) : 43- 49

Setiana.S. Kajian Kurikulum Sekolah Dasar Dan menegah, Grama Surya

Siahaan, S & Bahri, S, 2019, Pengaruh Penempatan Pegawai, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1): 16 - 30

Syafril, E.P E & Febrina, D, F, 2022, Implementasi Kurikulum Berbasis Industri melalui Pendekatan Pembelajaran Sistem Blok pada Mata Pelajaran PPKn diSMK Ma’arif Salam Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, Volume 3

Syamsuyurnita , Isman, M , Prasetia, I , Amini, 2017, The Design of Management System through Using Total Quality Education Service at Some Schools in Medan, IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(6) : 75 - 84

Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta,

Sukmadinata, Nana S, 2008, Pengembangan kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutisna, E, Retnowati, R, Nurcahyono, B, 2020, Implementasi Kurikulum Berbasis Industri Di SMK Mitra Industri Mm2100 Cikarang – Bekasi, Jurnal Manajemen Pendidikan Pascasarjana, Universitas Pakuan , 8(2): 81 - 88

Winarno,W , 2015, Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah ,Cirebon,

Widianty, I, 2013, Relevansi Kurikulum Smk Berbasis Industri Kreatif Dengan Metode Extrapolation And The Econometric Approach, INVOTEC, 9 (1): 29-42 29

Thahir.M, 2021, Kapasitas Manajemen Mutu dalam Peningkatan Layanan Sekolah ,Cetakan I,Bandung,Refika,

Verawadina, U, Jalinus, N, Asnur, L, 2019, Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Pendidikan, Volume 20, Nomor 1, Maret 2019, 82-90

Wulandari, Ella, 2012, Developing Curriculum And Tasks For Teaching Reading, Journal of English and Education, 6(2): 21- 42

Y. Suchyadi, N. Karmila, N. Nurlela, M. Mirawati, R. Purnamasari, S. Indriani and S. Anwar, 2019, "Increasing Personality Competence Of Primary School Teachers, Through Education Supervision Activities In Bogor City1 (1).

Yani, R, Pratiwi, S, N, Isman, M, 2023, Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Budi Utomo Binjai, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 4 (2): 131 - 143




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.