Efektivitas Budaya Literasi Sekolah (Studi di Sekolah Dasar Negeri 163080 Kota tebing tinggi)

Desi Mayasari, Amiruddin Amiruddin, Muhammad Isman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas budaya literasi sekolah di sekolah dasar negeri 163080 kota tebing tinggi dengan menggunakan tekhnik analisis data observasi wawancara dan dokuementasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Budaya Literasi Membaca Pada SD Negeri 163080 Kota Tebing Tinggi dapat disimpulkan (1)merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan orangtua dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap literasi agar perlakuan yang diberikan kepada peserta didik di sekolah bisa ditindaklanjuti di dalam keluarga dan di tengah masyarakat. (2)menciptakan ruang-ruang baca yang nyaman bagi sekolah, (3)memanfaatkan sarana prasarana sekolah dengan maksimal untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis literasi, dan (4)mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam waktu tertentu. Model budaya literasi visual media, dan literasi teknologi merupakan model litersi yang di wujudkan di SD Negeri 163080 di mana bentuk model literasi mengupayakan ramah literasi dengan memajang karya siswa, membuat sudut baca, melengkapi koleksi buku perpustakaan dengan mengupayakan lingkungan sosial yang komunikatif dan interaksi yang literat dengan memberi bimbingan kelas menulis, memberi kesempatan siswa dan menjadwal secara rutin 15 menit membaca sebelum istirahat, menentukan tema bacaan seperti cinta lingkungan. Efektivitas budaya literasi di SD Negeri 163080 adalah upaya penerapan untuk pemberantasan buta huruf dan mendongkrak kualitas minat baca.

Keywords


Effectiveness of School Literacy Culture

References


Aan Komariah dan Djam'an Satori. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Abdul Kadir. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Pernada Media Group Algensindo.

Ahmad Shofiyuddin Ichsan. 2018. Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi GLS di MI Muhammadiyah Gunungkidul). Volume 10 (1)

Anim Purwanto, Rugaiyah, Madhakomala. 2023. Studi Literatur: Efektivitas Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Sumber Daya Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora) vol 2 (1)

Baiq Arnika Saadati, Muhamad Sadli. 2019. Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Template vol 6 (2)

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Elfrianto dkk, 2020. ImplementasiPembelajaran Aktif Berorientasi Mikir (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi)diSDMuhammadiyah 12 Medan. Jurnal pelita Pelita Masyarakat vol 2 (1)

Etta Mamang Sangadji. 2013. Perilaku Konsumen. Andi Offset: Yogyakarta

Faisal R Dongoran. Dkk. 2023. Efektivitas Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri Kota Pematang Siantar. Jurnal MPDT vol 4 (3)

Fransiska, Ayuka Putri Pradana. 2020. Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 2 No1 Tahun 2020 Halaman 81-85.

Gusti. Neng. Dkk. 2018. Pengembangan Budaya Literasi Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Melalui Peer Tour. Jurnal Kebudayaan. Vol. 13. No.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Kholida Ismatulloh, dkk 2021. Gerakan Informatika Cerdas Berliterasi "berinovasi membangun peradaban diera 4.0 dengan budaya literasi". jurnal pengabdian masyarakat bidang pendidikan sains dan tekhnologi vol 2 (2)

Masruroh,, rizka viviana (2017) Analisis Pemanfaatan Sudut Baca Di Lingkungan Sekolah Guna Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Siswa Di Sd Negeri Polomarto. Bachelor thesis, universitas muhammadiyah purwokerto.

Nurohman, Aris. (2014) Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) Dalam Dunia Pendidikan Di Era Global. Jurnal Kependidikan, Vol. II (1)

Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta: Andi.

Yunus Abidin, Dkk, 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.