MANAJEMEN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN

Masitoh Nasution, Indra Prasetia, Emilda Sulasmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kinerja kepala sekolah, apa saja kendala manajemen kinerja kepala sekolah, dan bagaimana upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan keunggulan sekolah di SMA Negeri 1 Panyabungan. Adapun tempat yang dilakukannya penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Panyabungan Jl. Sutan Soripada Mulia, Kayujati, Kec. Panyabungan Kota, Kab. Mandailing Natal Prov Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan beberapa guru di SMA Negeri 1 Panyabungan. Penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan beberapa guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Panyabungan. Selain itu, data juga diperoleh dari dokumen, dokumen yang menjadi sumber data penelitian ini merupakan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan profil lembaga sekolah, [EN1] serta dokumentasi kegiatan manajemen kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan keunggulan sekolah di SMA Negeri 1 Panyabungan. Berdasarkan hasil analisis yang telah di dibahas bahwa manajemen kinerja kepala sekolah ditemukan bahwa terdapat kemeningktakan keunggulan di SMA Negeri 1 Panyabungan, dengan manajemen kinerja kepala sekolah dalam perencanaan sekolah, pengorganisasian tugas guru dan staf, pengendalian tugas dan fungsi guru beserta staf, Dalam hal kepemimpinan kepala sekolah Negeri 1 Panyabungan lebih megutamakan kedisiplinan dan musyawarah sehingga kepemimpinan kepala sekolah bersifat terbuka dan demokratis. Walaupun terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi oleh kepala sekolah mulai dari rendahnya tingkat kedisiplinan guru dan siswa/siswi, rendahnya kesadaran orangtua/wali murid terhadap kegiatan sekolah, serta kendala dalam masalah biaya dan waktu, juga SDM yang belum maksimal. Akan tetapi kepala sekolah berupaya penuh memaksimalkan manajemen kinerja dalam mengatasi setiap permasalahan tersebut dan terbukti meningkatkan keunggulan sekolah sesuai dengan target yang ditentukan, untuk itu masih banyak hal yang harus di usahakan agar keunggulan di SMA Negeri 1 Panyabungan tetap dalam kondisi stabil dan dapat mempertahankan eksistensisnya sebagai sekolah SMA Negeri favorit dan unggul

 [EN1]Pergunakan Mandalay untuk Daftar Pustaka


Keywords


Manajemen, Kinerja Kepala Sekolah, Keunggulan Sekolah

References


Akdon, (2009), Strategic Management, Bandung: Alfabeta.

Akrim. (2018), Media Elearning in Digital Era. 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management

Amzir, (2012), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto Suharsimi Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta, 2008

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Rineka

Arikunto, Suharshimi ,2010, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta Bandung: Alfabeta, 2007.

Bateman Thomas S. and Scott A. Snell. Management Leading and Collaboration

Cipta, 1998) dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2006.

E. Mulyasa, (2009), Menjadi Kepala Sekolah Propesional. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Efendi, Nur. Islamic Education Leadership : Praktek Kepemimpinan di Lembaga

in a Competitive Wordl, Edisi 7. New York: McGraw-Hill.

Jerome S. Arcaro, (2007), Pendidikan Berbasis Mutu, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusnadi, (2001), Masalah Kerjasama, Konflik dan Kinerja, Malang: Tarod.

Moleong, Lexy J,(2015),Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujtahid. Pengembang Profesi Guru. Malang: UIN-Maliki Perss, 2011.

MuliaSugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Mulya,(2005) Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, (2007) Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyasa, E, (2005), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyasa, E, (2012), Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara Rusman, (2011), Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyasa, E, (2007) Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: RemajaRosdakarya

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Mulyasa,E,(2005), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa,E,(2012), Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. E, menjadi kepala sekolah profesional_ dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2004)

Mulyasa. E, Menjadi Kepala Sekolah Professional, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Mulyasa. E, Menjadi Kepala Sekolah Professional, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Manajemen dan Kepemimpinan, Menjadi Kepala Sekolah Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003

Muzakar,Maret 2017, kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo,Jurnal Ilmia Futara, Volume 14 Nomor 1, diakses dari

Nawawi, Hadari. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan

Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Pendidikan, Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1, Juni 2017.

Prasetia, I., Akrim., Pratiwi, S.N. 2020. Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 3, No 4, November 2020

Purhantara,Wahyu,(2010), Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu

Ramayulis, Mulyadi, (2017), Manajemen Dan Kepemimpinan Kependidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Riduwan, (2013), Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta..

Ridwan. (2016).Manajemen Mutu, aplikasi dalam bidang pendidikan, Yogyakarta, Media Akademi.

Rusman,(2011), Manajemen Kurikulum,Jakarta:PT Raja Grafindo Persada Salim, (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media

Sabrina, R, and Emilda Sulasmi. 2021. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. KUMPULAN BUKU DOSEN, September. https://publication.umsu.ac.id/index.php/bk/article/view/1321.

Saefullah, U. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Sudarwan Danim, Kinerja Staf dan Organisasi, Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono,(2015),Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta

Suhardiman, Budi, (2012) Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep danAplikasi Jakarta: PT RinekaCipta

Suhardiman, Budi, (2012) Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep danAplikasi Jakarta: PT RinekaCipta

Suharsaputra, Uhar. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Syafaruddin,(2015), Peningkatan Kontribusi Manajemen Pendidikan, Medan:Perdana Publishing

Syafril. (2017). Manajemen Mutu, aplikasi dalam bidang pendidikan, Yogyakarta, Media Akademi.

Syamsuddin. (2004), Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu

Umar, Husein. (2003), Strategik Manajemen In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustakama,

Undang-undang, No. 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional,Pasal 1, Ayat 1

Undang-undang, No. 25, Tahun 2000, Program Pembangunan Nasional, Pasal 1, Ayat 1

Wibowo, (2011), Manajemen Kinerja, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Press, 2012




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.