PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SWASTA MUHAMMADIYAH KECAMATAN MEDAN AREA

Atika Miranda Tambunan, Elfrianto Elfrianto, Sri Nurabdiah Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh disiplin kerja, kompetensi kepribadian guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sd swasta muhammadiyah kecamatan medan area. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan penelitian lapangan dengan menggunakan kajian ilmiah para pakar ilmuan. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang guru. Data pada penelitian ini adalah data primer. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket. Metode analisa menggunakan model regresi linear berganda untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan Uji F dan secara parsial dengan menggunakan Uji t. Hasil pengujian dengan menggunakan SPSS diperoleh persamaan regresi linear berganda dengan menggunakan output komputer diatas diperoleh persamaan sebagai berikut: konstanta sebesar 0,05; koefisien disiplin kerja (X1) sebesar 0,302; koefisien kompetensi kepribadian guru (X2) sebesar 0,375; dan koefisien motivasi kerja (X3) sebesar 0,193; koefisien kinerja guru (Y) sebesar 0,193. Dengan demikian persamaan garis regresinya adalah Y = 8,858 + 0,302X1 + 0,3,75X2 + 0,193X3. Jika variabel bebas meningkat 1 % maka kinerja guru akan meningkat. Hasil hipotesis uji thitung disiplin kerja (X1) sebesar 4,234, kompetensi kepribadian guru (X2) sebesar 5,937 dan motivasi kerja guru (X3) sebesar 4,106 dengan ttabel sebesar 2,003. thitung > ttabel yakni disiplin kerja guru (X1) 4,234 > 2,003, kompetensi kepribadian guru (X2) 5,937> 2,003 dan motivasi kerja guru (X3) 4,106> 2,003, dengan nilai signifikan ketiga variabel 0,000< 0,05 yang berarti signifikan, menjelaskan bahwa disiplin kerja, kompetensi kepribadian guru dan motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru. Maka Ha = diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan disiplin kerja guru, kompetensi kepribadian guru dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD Swasta Muhammadiyah se- Kecamatan Medan Area

Keywords


Discipline, Personality Competence, Motivation,Performance

References


Achmad, Slamet. (2007). Penggangaran Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UNNES PRESS

Ali, Mohammad. (2013). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: CV Angkasa

Amiruddin, S. M. (2019). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Biak Numfor. Jakarta: Qiara Media

Asdiqoh, S., & Si, M. (2012). Motivasi Kinerja Guru. Jurnal, www. ijtihad. stainsalatiga. ac. id.

Anwar, Moch. Idochi. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Danang, Sunyoto. (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru

David , P.A & Macaya J.V (2010). Assessment of Teacher Performance. The Assessment Handbook, Vol. 3, 2010

Depdiknas. Dirjen Dikti. (2004). Standar Kompetensi Guru Pemula Pendidikan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta. Depdiknas

Dessler, G., Starke, F. A., & Cyr, D. J. (2001). Management: Leading people and organizations in the 21st century. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan

Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2008). PenilaianKinerja

Guru. Jakarta

Djemari, Mardapi. (2008).Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes.Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Djaali & Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Elfrianto, H., & Lesmana, G. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. umsu press. Gabriella, Petrina dan Hendy Tannady. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja

Terhadap Kinerja Guru di SMAN 8 Bekasi. Posiding Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI). Hal: 121 – 124. http://seminar- id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/281/274

Gagné, M., & Deci, E. L. (2005). Self-determination theory and workmotivation. Journal of Organizational Behavior, 26(4), 331– 362. https://doi.org/10.1002/job.322

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gumelar dan Dahyat. (2002). Suvervisi Pendidikan Indonesia. Jakarta. Gramedia

Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan-14.

Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara

Jais, Muhammad. (2012). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Kerja Guru Pada Sekolahbinaan, Jurnal: JPS, Vol. 2 No, 2, September 2012, Sumber: https://jurnaljp3.files.wordpress.com/2013/09/jais.pdf

Jamal, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kartika, Ni Komang dan Didith Pramunditya Ambara. 2021. Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Volume 9, Nomor 3, Tahun 2021, pp. 381-

, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index

Lestari, Rina Ika. (2012). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik,Volume 3 No. 2

Lunenburg, Fred C. and Allan C. Ornstein. (2000). Educational Administration Concepts and Practice.3rd Edition. USA: Stamford

Maipita, I., Dongoran, F. R., Syah, D. H., & Sagala, G. H. (2023). TPACK, Organizational Support, and Technostress in Explaining Teacher Performance During Fully Online Learning. Journal of Information Technology Education: Research (JITE: Research), 22, 041-070.

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. umsu press. Pratiwi, S. N. (2022). Filsafat Pendidikan. umsu press.

Priyatno , Dewi. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Pujiarti, E., Dongoran, F. R., Sari, R., Purba, F. D., Ahmadi, K. D., & Mulya, S. (2023). Monitoring and Evaluation Strategy School Internal Quality Assurance System. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 4(1), 40-47.

Riyadi, Slamet dan Aria Mulyapradana. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal Di Kota Pekalongan. JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN VOL. 13. h. 106-117. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/60- Article%20Text-115-1-10-20171227.pdf

Rohman, Hendri. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan. Vol. 1 No. 2, April 2020, halaman: 92-

Homepage: https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Schater, J. (2001). Teacher Performance-Based Accountability: Why, What and How. Presented at the 2001 National Education ConferencePresident’s Presentation. Santa Monica, CA: Milken

Setianigsih, Wiwin dan Mukhtar Abdul Kader. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal ekonologi Ilmu Manajemen. Universitas Galuh Ciamis. Volume 5 Nomor 2 Oktober 2018. h. 313 -

https://jurnal.unigal.ac.id/ekonologi/article/view/1761/1425

Setiawan, Hasrian Rudi. (2021). Manajemen Peserta Didik ( Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). Medan: UMSU PRESS

Siregar, Nova Lega Hati. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se- Kabupaten Tapanuli Tengah

Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Sopandi, Andi. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. CIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, Vol. 2, No. 2, h. 121-130. https://ojspustek.org/index.php/SJR/article/view/58/52

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukamto, Yohanes dan Pardjono. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, h. 165-178. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/12917/9049

Sulistiyani, Ambar. T dan Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumaryati. (2004). Pengaruh Kemampuan Intelektual dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.045/u/2002. Pelaksanaan Pendidikan Tinggi. Jakarta Depdikbud: Dirjen Pendidikan Tinggi

Surya, Muhammad. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Pasal 20 (a) Tentang Guru dan Dosen

Usman, Uzer. (2005). Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Rosdakarya Uno, H. B. (2007). Teori motivasi & pengukurannya.

Utari, Kania Teja dan Rasto. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 4 No. 2, Juli 2019, Hal. 246-

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/18019/pdf.

Widoyoko, Eko Putra. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yamin, M., & Maisah, M. (2010). Standarisasi kinerja guru. Jakarta: Gaung Persada, 14.

Yuhetty, H., dkk. (2009). Kajian Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Bidang Mutu Pendidikan Mendiknas




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.17203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.