Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Materi Tempat Wisata

Khoirun Nisa, Susanti Faipri Selegi, Maharani Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster pada materi tempat wisata kelas II SDN 182 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan model 4D, yang terdiri dari tahap mendefinisikan (pendefinisian), tahap desain (perancangan), tahap pengembangan (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Subjek penelitian kelas II SDN 182 Palembang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan validasi angket ahli media, materi dan bahasa diperoleh skor 88 % yang termasuk kategori sangat valid. Kemudian uji coba satu lawan satu memperoleh skor 89 % dengan kategori sangat praktis dan grup kecil memperoleh skor 91 % dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster sudah memenuhi kriteria valid dan praktis, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

 

 


Keywords


Development, Media, Kinemaster, Tourist Attractions

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. M. (2020). Dampak Green Tourism Bagi Pariwisata Berkelanjutan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 1582-1592.

Andriyani, R. S. (2020). Pengembangan Daya Tarik Objek Wisata Teluk Jering Kecamatan Tambang Kabupater Kampar . JurnalPengabdian Masyarakat Multidisiplin, 86-95.

Anita, A& Mudinillah, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Di SD Berbasis Aplikasi Kinemaster. Pendidikan Dasar Islam, 5(1) 61-77.

Azhar Arsyad, M. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Amelia V., &Arwin, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbaasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas III Sekolah Dasar Panjang. Jurnal Inovasi Pendidikandan Pembelajaran Sekolah Dasar,4(2), 88-97.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Deviana, T (2018) Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia.Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). 6(1),47-56

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Ishartiwi, N. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile And Gaming Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. JurnalIlmiah Kependidikan, 50-67.

Kusumaningrum, N. I. (2021). Pengembangan Media Siludup Berbasis Android Pada Materi Adaptasi Makhluk Hidup Kelas 6 Sd. Pendidikan, 46-57.

Leo, R. D. (2021). Pengembangan Model Ekonomi Kreatif Bagi Masyarakat Di Daerah Objek Wisata Bahari Kabupaten Kupang Ntt. Jpim.

Lesmana, K. E. (2013). Pengembangan Media Sosial Pariwisata Dengan Location Based Service Pada Perangkat Mobile Berbasis Android. Karmapati, 1-14.

Maesti, D., Utami, D., Zuhdi, M., Pratiwi, R., Samsi, S., & Cecilia, V. (2022). Pengembangan Objek Dan Daya Tarik Wisata Sungai Ciliwung Berbasis Ekowisata. JurnalInovasi Penelitian, 6621-6631.

Maharini, N. M. (2021). Pengembangan Desa Wisata Toso Berbasis Digital Marketing Sosial Media. Commmunity Service, 116-124.

Maulana, K. L. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Batik Tulisa Berbasis Android Untuk Siswa Kelas Viii Smpn 5 Sleman. Pendidikan, 458-466.

Medi Triawan, H. (2022). Multimedia Interaktif Pengenalan Objek Wisata Kota Pagar Alam. Ilmiah Binary Stmik Bina Nusantara Jaya,99-104.

Nurinda. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Kajian Pendidikan Dasar,36-44.

Oktavia, M. (2019). Pengembangan Daya Tarik Rumah Rakit Sebagai Destinasi Wisata Sungai.

Oktavia, M. & Melasari, T. (2019). Deskripsi Sosial Ekonomi Masyrakat Yang bekerja di Kawasan Objek Wisata Benteng Kuto Besak (BKB) di Kota Palembang

Ponza, J. S. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada PembelajaraSiswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Edutech, 9-19.

Prasetya, N. W. (2019). Pengenalan Objek Wisata Alam Kabupaten Lebak Melalui Strategi Komunikasi Berbasis Media Digital. Prosiding Comnews , 346-357.

Sesdi, S. W. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Appalarang Sebagai Daerah Tujuan Wisata Kabupaten Bulukamba. Profitability, 141-155.

Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD Dalam Mendesain Soal Tes Bentuk Uraian Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa.

Selegi, S. F. & Aryaningrum K. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan KreativitasMahasiswa Melalui Pembuatan Video Tutorial Alat Peraga Edukasi.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1),10-18.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pariwisata. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suryana, D. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal.

Ulfa, D. K. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif kearifan lokal banyuwangi untuk siswa kelas 5 SD. Kajian teori penelitian, 75-81.

Widiyono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Lms Pada Mahasiswa Prodi Pgsd. Prosiding Webinar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya , 12-21.

Wiratha, A. (2020). Pengembangan Media Informasi Pengenalan Pura Taman Ayun Berbasis Vlog. 63-74.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.17505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.