Fungsi Hakam Dalam Menyelesaikan Sengketa Rumah Tangga (Syiqaq) Dalam Peradilan Agama

Irfan Irfan

Abstract


Perjalanan kehidupan rumah tangga tidak selamanya berjalan mulus, dan tidak selamanya suami istri dapat mempertahankan keutuhan rumah tangganya. Ketika perkawinan (rumah tangga) timbul suatu konflik atau pertengkaran yang dapat membahayakan keutuhan sebuah keluarga (syiqaq), maka angkatlah penengah diantara mereka atau hakam guna mendamaikannya. Pegangkatan hakam, ialah mengutus juru damai yang disebut hakam dari pihak keluarga perempuan dan pihak keluarga laki-laki untuk mendamaikan persengketaan atau perselisihan suami istri itu. Hakam semaksimal mungkin berusaha untuk mendamaikan suami istri itu, apabila tidak berhasil maka hakam boleh membuat suatu kesimpulan bahwa kedua belah pihak sulit untuk didamaikan.

Fungsi hakam dalam menyelesaikan sengketa rumah tangga (syiqaq) dalam Peradilan Agama, hanya dengan alasan syiqaq maka hakam itu ada dan diangkat. Karena syiqaq ialah adanya perselisihan dan pertengkaran secara terus menerus antara suami istri. Syiqaq diatur dalam Pasal 76 ayat (1) Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama. Fungsi hakam selaku juru damai dalam penyelesaian sengketa perceraian hanya sebatas memberikan usulan pendapat dan pertimbangan dari hasil yang telah dilakukan, kepada hakim, hakam tidak memiliki kewenangan untuk menceraikan.

Kata Kunci: Fungsi, Hakam, Sengketa, Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab, and Klasik Di Pesantren Al-Hijrah Kabupaten. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."

Ahmad, M.S. (2011), Work ethics: an Islamic prospective, International Journal of Human Sciences, Vol. 8 Issue 1.

Alhyasat, K.M.K. (2012), The role of Islamic work ethics in developing organizational citizenship behavior at the Jordanian Press Foundations, Journal of Islamic Marketing, Vol. 3 No. 2, pp.139-154.

Ali, A. (1988), Scaling an Islamic work ethic,The Journal of Social Psychology, Vol. 128 No.5, pp.575-83.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v4i1.1888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.