EFEKTIFITAS MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUUSUS AUTISME DI BINA ANANADA MANDIRI MEDAN

Erwiati Erwiati, Indra Prasetia, Sri Nurabdiah Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah dalam pendidikan khusus Autisme Bina Ananda Mandiri Medan. Metode pada penelitin ini adalah kualitatif deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan di Bina Ananda Mandiri Medan dan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Perencanaan pengelolaan program pembinaan anak autisme Bina Ananda Mandiri Medan menerapkan konsep perencanaan program pembelajaran autisme untuk dapat bersekolah di sekolah regular dengan kategori ringan, sedang. Pertama dengan menerapkan penentuan strategi dan pembelajaran serta pemilihan metode yang tepat diantaranya metode ceramah, metode pembiasaan ataupun metode demontrasi. Kedua adalah Penyediaan Sumber dan Alat pembelajaran dan ketiga Penentuan cara dan proses dan hasil belajar,  pada tahap ini adanya tes perbuatan dan tes lisan.  Sekolah Bina Ananda Mandiri Medan dalam pelaksanaan program pengembangan pendidikan siswa autis adalah pemilihan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dan Kerjasama dengan Guru dan orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan program pengembangan pendidikan juga menerapkan kurikulum yang dimodifikasi untuk siswa berkebutuhan khusus. Serta guru akan membuat RPP yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang berkebutuhan khusus.Guru juga melakukan evaluasi terhadap program pendidikan inklusi., kriteria evaluasi berkaitan dengan bagaimana perilaku anak-anak berkebutuhan khusus. Evaluasi di lakukan dengan memberikan umpan balik, menunjukkan kegembiraan, dan menanamkann nilai-nilai kepada anak Autis Penilaian efektivitas yang dilakukan dengan mempersipkan asesmen untuk layanan pendidikan anak autis, Pengumpulan data asesmen untuk layanan pendidikan anak autis, dan tindak lanjut hasil pelaksanaan asesmen untuk layanan pendidikan anak autis.

Keywords


school management , students with special needs autism

References


Ainsworth, M dan Smith, N.,et al (2002). Managing Performance Managing People: Panduan praktis untuk memahami dan menngkatkan performa tim. Jakarta: PT. Bhuan Ilmu Populer.

Ali Habibi, Elly Hamidah,Fitri Sakinah Harahap, Ikebana Sintia Ayu br Lubis, Rahm. 2021. FakultasIlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Andi Rasyid Pananrangi. 2019. Manajemen Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.1

Angelinus dkk., W. 2016. Modul Pembelajaran. Manajemen Pendidikan, 4.

Asyari, D. dkk.2023. Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Inklusi di Sekolah

Dasar Non-SDLB. Journal on Education.

Bungin, Burhan. (2017).Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Danim, Sudarwan. 2017. Motivasi kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Gadang Garnida. (2015) Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Rafika Aditama

Heri Purwanto. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Suparno. Modul-4: Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

Ibrahim M. Nasser, M. O.-S.-N. 2019. Artificial Neural Network for Diagnose Autism Spectrum. International Journal of Academic Information Systems Research (IJAISR), 27-32.

Ikramullah, Akhmad Sirojuddin. 2020. Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam vol 2 (1)

lahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Muhammad Yusuf. 2021. Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli.Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darud Da’wah Wal-Irsyad ( DDI ) Kota Makassar

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Miles M,. B, Huberman, A. M dan Saldana, (2014). Qualitative Data Analysis, A Methodes Sourcebooksedition 3 USA: sage Publication terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI – Press

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan. Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, Sri Nurabdiah. 2016. Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan

Kualitas Sekolah.Jurnal EduTech Vol. 2 No. 1.

Roza, A. Rifma. 2020.Perencanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus

Dalam Majamen Sekolah Inklusif. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2019).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabet

Suhartono, Tony. 2019. Manajemen Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di Sekolah K-Link Care Center Jakarta).Jurnal Pendidikan Islam.

Thompson, J.D. and MacMillan, I.C. (2010) Business Models Creating New Markets and Societal Wealth. Long Range Planning, 43, 291-307

Tony Suhartono. 2019. Manajemen Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di Sekolah K-Link Care Center Jakarta). Jurnal pendidikan islam vo 11 (2)

Titi Susilowati, S. T. 2022. Manajemen PendidikanInklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 920-928.

Wela Oktari, Hendra Harmi, Deri Wanto. Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada AnakBerkebutuhan Khusus. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup: Bengkulu




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.