PENGARUH MANAJAMEN KELAS, EKSPEKTASI GURU, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

Andrison Fernando Nainggolan, Elfrianto Elfrianto, Emilda Sulasmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ada pengaruh dari manajemen kelas, ekspektasi guru, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dengan Jumlah sampel yakni 83 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data yakni validitas, reliabilitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Tanjung Morawa dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 4,661 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 59.448+ 2.436X1, yang berarti bahwa manajemen kelas memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 2,436. Terdapat pengaruh ekspektasi guru terhadap kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Tanjung Morawa dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,336 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 59.448+ 2.102 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai motivasi akan diikuti peningkatan nilai kinerja guru sebesar 2,102. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Tanjung Morawa dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 4,262 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 59.448+ 1.606 X3 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai kompetensi profesional akan diikuti peningkatan nilai kinerja guru sebesar 1.606. Terdapat pengaruh manajemen kelas (X1), ekspektasi guru (X2) dan kompetensi profesional (X3) secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Tanjung Morawa dimana diperoleh nilai F hitung sebesar 8,242 dan signifikansi (Sig.) 0,000 Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0.882 yang berarti bahwa manajemen kelas (X1), ekpektasi guru (X2) dan kinerja guru (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Tanjung Morawa sebesar 88.2 % dan sisanya yaitu 11, 59.448+ 2.436X1+ 2.102X2+1.606X3 + e.

References


A. Tabrani Rusyan, dkk. 2010.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Aldita, 2020. Pengaruh Ekspektasi guru dan Optimisme terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jepara. Tesis. (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Allen dan Meyer, 2011.Organizational Commitment in Higher Education. Jackson. State University:Mississippi.

Anoraga, Panji. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Anwar.S., 2014.Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2002.Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aslan & Wahyudin. 2020. Kurikulum dalam Tantangan Perubahan. Bookies Indonesia. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&hl=en&cluster=

Eliyah1, Imam Muttaqin2, and Aslan*3 12 Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 4, Issue. 1, 2021, pp. 1-12

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu SekolahDasar dari Sentralisasi menjadi Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi & M. Arifin. 2012..Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Cahayani, Ati. 2005. Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Colquitt, Jason A., Lepine, Jeffery A. & Wesson, Michael J. 2009. Organizational Behavior.Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York : McGraw-Hill/Irwin.

Daryanto & Mohammad Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta :Depdikbud.

------------------------------------. 2005. Standar Kompetensi Pelajaran Sains. Jakarta : draft final untuk sosialisasi BNSP.

------------------------------------. 2007. Badan Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dessler, Gary. 1997. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Ditjen Dikti Depdiknas. 2004. Tanya Jawab Seputar Unit dan Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djabidi, Faizal. 2017. Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.

Djatmiko, Yayat Hayati. 2005. Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Elfrianto, et al. "Implementasi Pembelajaran Aktif Berorientasi Mikir (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan." Pelita Masyarakat 2.1 (2020): 9-16.

Mulyasa, E.. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja

---------,2005.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Ferina Farisa Dalimunthe1, Akrim. 2020. Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pramubakti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal manajemen pendidikan tinggi vol 2 (3). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP- DMT/article/viewFile/7700/5786. diakses pada tanggal 28 Oktober 2021

Forsyth, Patrick B., Adams, Curt M & Wayne K. Hoy. 2011. COLLECTIVE TRUST: Why Schools Can’t Improve Without It. New York : Teachers Collage, Columbia University.

Hamalik Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno, 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar.Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Haji Masagung.

Hasan, A., Lilik, S., & Agustin, R. W. 2013. Hubungan Antara Penerimaan Diri dan Dukungan Emosi dengan Optimisme pada Penderita Diabetes Mellitus Anggota Aktif PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Cabang Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa Vol. 2 No. 2, 60-74.

Hasibuan, Malayu SP. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. : Bumi Aksara, Jakarta.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/05/154418571/nilai-pisa-siswa-indonesia-rendah-nadiem-siapkan-5-strategi-ini?page=all

Http://id.m.wikipedia.org/wiki/ Daftar negara menurut_Indeks_Pembangunan_Manusia, diakses 10 November 2015.

Hoy, W. K. (2018). School AO : Academic Optimism of School. (Online). (http://www. waynekhoy.com/school-ao/ Diakses 5 November 2021)

Jenniver M. George and Gareth R. Jones, Understanding and Managing Organizational Behavior, (New Jersey: 2013), hlm.192.

Kasiram, Moh. 2008.Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

KBBI, Arti Ekspektasi, (http://www.kbbionline.com/arti/ekspektasi), hlm. 1. Diakses tanggal 20 Oktober 2022 .

Kompetensi dalam UU RI No.14 tahun 2005. tentang guru dan dosen .https://www.min13bm.sch.id/read/73/undang-undang-nomor-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen diakses pada tanggal 4 november 2021

Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta : Erlangga

Lannidar S Harahap, Indra Prasetia. 2021. Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK di Padang Lawas. Jurnal manajemen pendidikan Dasar, menengah dan tinggi.Vol 2 (3).http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/7701 diakses pada tanggal 20 Februari 2022.

Lestari, R. D. dkk. 2012. Hubungan Antara Ekspektasi guru Belajar dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa. (Tesis tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Univeristas Muhammadiyah, Surakarta.

Lisa Nur Indra Sari, dkk. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Wringinanom Di Gresik. Jurnal Manajemen Branchmark. 3, ( 3). file:///C:/Users/hp/Downloads/425-804-1-SM.pdf diakses pada tanggal 4 November 2021

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen sumber daya manusia. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira,2001, Manajemen Sumber Daya Manusia . Cet.1 Ed.2,Bogor,Penerbit Galih Indonesia

McGinnis, A.L. 1995. Kekuatan Optimisme. Jakarta: Mitra Utama.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2009. Classroom Management. Malang: Aditya Media.

Mulyasa. E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nasrun. (2015) Pengaruh Pemberian Intensif, Kompetensi Kepribadian Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ekspektasi guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kota Medan. Sinopsis Disertasi (Medan: Universitas Negeri Medan, 2015), p. 20.

Pemptovsu. 2020. Laporan kinerja Tahun 2019 Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara 2020. Medan. Diakses pada tanggal 1 Desember 2021.

Prasetyo, A. R., Kustanti, E. R., & Nurtjahjanti , H. (2014). Gambaran Optimisme Pahlawan Devisa Negara (Calon Tenaga Kerja Wanita di BLKLN Jawa Tengah). 2, (14), 261-269.

Prasetya, Indra. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya optimis akademik, pemberdayaan dan motivasi kerja terhadap keefektifan SMP Negeri Medan. (Disertasi Doktoral, Universitas Negeri Medan, 2021). Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/42210/

Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Ramly dan Nizwardi. Evaluasi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Sumatera Barat Pasca Sertifikasi.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2017 nomor 1.hal 81

Riyadi, Slamet (2015) Pengaruh Ekspektasi guru Stres Kerja dan Manajemen kelas Kerja terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kabupaten Tapanuli Tengah. Doctoral thesis, UNIMED.

Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. 2008. .Perilaku Organisasi buku 1 edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat. Rosdakarya Offset.

Robinson, Cecil., Snipes, Karla. 2009. Hope, Optimism and Self-Efficacy: A System of Competence and Control Enhancing African American College Students Academic Well-Being. Multiple Linear Regression Viewpoints, Vol. 35(2)

Saca, Pantja Djati 2003. Kajian Terhadap Manajemen kelas Kompensasi, Komitmen Organisasi, Dan Prestasi Kerja. Jurnal Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra. file:///C:/Users/hp/Downloads/15631-Article%20Text-15629-1-10-20080901.pdf diakses pada tanggal 3 november 2021.

Sadirman. A.M. (2002). Interaksi dan Ekspektasi guru Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Safarina, N. A. (2016). The Relationship Between Pride And Optimism With Subjective Well-Being In Psychology Magister Students of University of Medan Area. Analitika, 8(2), 99-107.

Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Seligman, M.E.P. 2006. Learned Optimism. New York: Vintage Books.

. 2008. Menginstal Optimisme: Bagaimana cara mengubah pemikiran dan kehidupan Anda. Terjemahan: Budhy Yogapranata. Bandung: PT Karya Kita.

Sopiah. 2008.Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset

Soedijarto. 1993. Memantapkan Kinerja Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdikbud

Snyder, Hope and Academic Success in College, Journal of Education Psychology, Vol. 94 No.4, (Kansas: The American Psycological Association, 2002, hlm. 820

Sri Putri Anggraini Djafar. 2021. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru. jurnal Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Volume 1 (2)..file:///C:/Users/hp/Downloads/1034-Article%20Text-2635-1- 10-20220109.pdf diakses pada tanggal 5 januari 2022

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar. Baru Algensido Offset

Sudung.S dan Marta.S Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Guru SMK GKPS Pematang Siantar.e Jurnal Mitra Manajemen 2019Vol 3 N0 4 Ed April

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian, BPFE, Yogyakarta. Sugiyono, 2008, Statistik Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

-----------, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2006. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sukardi dan Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sulasmi, Emilda. 2020. Manajemen dan Kepemimpinan. PT Raja Grafindo Persada: Depok.

Sulasmi E. dan Akrim. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), ISSN : 2715-9213 Vol 1 No 1 (Januari – April 2020. Diakses di http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/download/3920/pdf

Sulasmi, Emilda. 2022. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Prestasi Siswa Masuk Perguruan Tinggi Favorit. CV Bildung Nusantara : Yogyakarta

Sulasmi, Emilda. 2022. [Peer Review] Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Smp Gajah Mada Medan). Aksaqila Jabfung.

Surya, Mohamad. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka

Susilowati, I. H. 2020. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Ekspektasi guru terhadap kinerja guru di SNK Cirebon.. Widya Cipta, II(1), 133–140.

Syaiful Bakhri Djamarah, 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, h. 33-34.

Tati murni dan Emilda. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Yayasan Sinar Husni Medan. Jurnal manajemen pendidikan Dasar, menengah dan tinggi.Vol 2 (3).http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/7699 diakses pada tanggal 20 Februari 2022

Thoha. Miftah. 2012. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia,. 2012 Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Toor, Manjot Kaur. (2010). A Thesis : Enhancing Adsorption Capacity of Bentonite for Dye Removal : Physiochemichal Modification and Characterization. The University of Adelaide : School of Chemichal Engineering.

Trianto. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.

UUSPN. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf .diakses pada tanggal 03 november 2021

Usman. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Uzer, Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Mancana Jaya

Vardiansyah, Dani. 2004.Pengantar Ilmu Komunikasi.Bogor : Ghalia Indonesia

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wardoyo. 2020. Pengaruh Persepsi Guru tentang Sertifikasi Guru dan Ekspektasi guru Guru terhadap Kinerja Guru di SMK 45 Wonosari Tahun Pelajaran 2019/2020. E-Journal Pendidikan, 3.3: 1.

Waskito, D. 2014. Media pembelajaran interaktif matematika bagi sekolah dasar kelas 6 berbasis multimedia. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.

Wibowo .2014. Manajemen Kinerja . Edisi Keempat .Jakarta : Rajawali Pers.

Wirawan. 2002. Kapita Selekta Teori Kepemimpinan: Pengantar untuk Praktek danPenelitian. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia

Yamin, Martinis, 2006. Stategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yani, Muhammad. 2016. PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Study Pada Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Islam NW Jakarta). Tesis: Institut PTIQ Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.