EFEKTIVITAS SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR PERMATA BANGSA BINJAI

Erwita Erwita, Indra Prasetia, LIlik Hidayat Pulungan

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam kinerja supervisi akademik yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di permata bangsa binjai.Metode penelitian dengan menggunakan mix metode dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, kesimpulan dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan supervisi akademik di sekolah permata bangsa binjai melalui tiga tahapan yakni analisis pelaksanaan supervisi sebelumnya, menyusun program supervisi, menyusun instrumen supervisi akademik. Dari ketiga tahapan tersebut kepala sekolah dan tim supervisi melakukan pembinaan secara langsung dan tidak langsung. Dimana kegiatan pembinaan langsung tersebut seperti kegiatan wawancara tatap muka yang sifatnya secara pribadi antara guru dan kepala sekolah. Sementara tidak langsung adalah melakukan praktek didepan kelas sehingga kepala sekolah dapat melakukan penilaian selama proses supervisi yang hasilnya akan di berikan.melalui pelaksanaan supervisi akademik yang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya dimana guru akan di berikan penilaian selama menjalankan pembelajaran di dalam kelas.Supervisi akademik dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik menjalani tahapan melaksanakan pra observasi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, melakukan analisis hasil observasi, mengelolah hasil observasi, melakukan umpan balik hasil observasi. Dalam mencapai tujuan Sekolah permata bangsa binjai serta menyiasati agar proses pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik. Kepala sekolah mengikuti program pemerintah menerapkan sistem pembelajaran luring dan daring . Bukan hanya dalam pembelajaran namun supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah juga melalui aplikasi yang dianjurkan oleh pemerintah setempat.  Selain itu supervisi akademik ini di rancang oleh kepala sekolah dan tim supervisi yang di unjuk bertanggungjawab, kegiatan ini tidaklah mudah dikarenakan harus melalui beberapa proses serta tantangan yang dihadapi dari oleh lingkungan. Tahapan yang dilaksanakan untuk melihat efektivitas supervisi akademik adalah Menyusun Program Tindak Lanjut dan menyusun tindak lanjut.


Keywords


Academic Supervision, Teacher Performance

References


A Muri Yusuf. (2014).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Bandung: Alfabeta

Aan Komariah dan Djam'an Satori.(2012).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Abidin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Abraham Amram Rahawarin . (2018). Analisis Kompetensi Dan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Menengahdi Kota Tual Provinsi Maluku.

Ade Irwana. (2015).Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. Jurnal administrasi pendidikan VOL 22 (2).

Ajasan, Nasir Usman, Niswanto. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 4, No. 3.

Ambar T. Sulistiyani dn Rosidah. (2018).Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Amini, Mega Pati, Indra Prasetia. (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Smp Negeri 13 Binjai. Jurnal guru kita vol 6 (1)

Amini, Sri Kesumawati, Salim Akhtar. (2021). Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal edumaspul pendidikan vol 5 (2)

Amini.(2020). Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19(Analisis Peran Kepala Sekolah).

Any Prasasti. (2018). Pengaruh Etos Kerja, Supervisi Akademik dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru.

Aqib, Zainal & Rohmanto Elham. (2017).Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawasan sekolah. Bandung: Yrama Widya

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Desliana Pane. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Universitas muhammadiyah sumatera Utara. Tesis.

E.Mulyasa. (2018).Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya

Hamzah B. (2017). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Husni, Karna. (2015). Manajemen Perubahan Sekolah. Cet. I Bandung : Pustaka Setia,

M. ashari. (2011). Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jepara. Institut agama islam negeri(iain)walisongo.Tesis.

Miles M,. B, Huberman, A. M dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methodes Sourcebooksedition 3 USA: sage Publication terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI – Press

Muhani, dkk. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Daerah Terpencil (Studi Multi Kasus Di Sdn 2 Bakalan Dan SD N 2 Kepyar PurwantoroKabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan. Vol.1 No.8, 10 Agustus 2016. https://scholar.google.co.id (diakses 19 Januari 2023

Niswanto. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Meulaboh. Jurnal administrasi pendidikan vol 4 (3)

Nuchiyah, Nunu. (2017).Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.5 no.7: 1-4 diakses pada tanggal 19 Janurai 2023

Nurul Husna .(2023). Efektivitas Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran. Jurnal pendidikan dan konseling vol 5 (1)

PP No. 19 Tahun 2005 penjelasan pasal 28

Rangkuti, Novi Andriyanii. 2022. Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadual-fauzi. thesis. Respository Universitas muhammadiyah sumatera utara .

Sagala, Syaiful. (2011).Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

------------, (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sri Banun muslim. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Mataram: Alfabeta

Sugiarto.(2017).Metodologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta: Andi

Sugiyono. (2018).Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Suparlan. (2015). Menjadi Guru Efektif. Yogjakarta: Hikayat.

Syarifah Yusmairoh, Emilda Sulasmi, Indra Prasetia. (2023). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Berbasis Islam (Studi Kasus di Yayasan Pendidikan Islam Waladun Shalih). Jurnal ilmu pendiidkan dan ilmu sosialvol 9 (1)

Tabita Evadyanti Maru’ao. (2016). Kinerja Pengawas Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMK Negeri Kota Gunungsitoli. Tesis, Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,

Uzer Usman. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Mancana Jaya. Cemerlang

Wahyudi. (2019).Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam. Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Yamin, Martinis. (2016). Stategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press

Yanti Ervina Siahaan, Indra Prasetia .(2023).Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Jurnal manajemen pendidikan dasar, menengah dan tinggi vol 4




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.