WAWASAN NUSANTARA

Nabillah Sarah Salsabiila, Arinda Heriyanti, Misbah Misbah

Abstract


Wawasan Nusantara merupakan landasan visi yang mensintesis dan memperkokoh persatuan bangsa Indonesia dengan mengedepankan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, golongan, atau golongan tertentu. Konsep ini menjadi pedoman dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan, baik di pusat maupun daerah, dan berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Penelitian terhadap Wawasan Nusantara dilakukan melalui analisis dokumen dan sumber primer seperti jurnal, dengan tujuan untuk menghasilkan wawasan dan solusi yang memenuhi standar saat ini. Tujuan utama Wawasan Nusantara adalah memperkuat semangat nasionalisme dalam berbagai aspek masyarakat Indonesia, dengan mengedepankan kepentingan nasional sebagai prioritas utama di atas kepentingan individu, kelompok, dan suku atau daerah. Namun bukan berarti mengabaikan kepentingan individu, kelompok, masyarakat, atau daerah. Dari hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa kehidupan suatu bangsa dipengaruhi oleh lingkungan hidup yang meliputi hubungan yang kompleks antara filsafat, ideologi, aspirasi, dan cita-cita nasional dalam konteks lingkungan masyarakat, budaya, alam, geografi dan sejarah. Oleh karena itu, Wawasan Nusantara memberikan landasan penting untuk mengelola keberagaman tersebut secara seimbang dalam proses pembangunan dan pemerintahan

Full Text:

PDF

References


Aminullah, R., & Umam, M. (2020). Pancasila sebagai Wawasan Nusantara. Jurnal Al-Allam, 1(1), 1-16.

Pratama, A. J., Oktaviani, M., Ridwan, M. R. N., & Shopiana, N. (2023). Peran Wawasan Nusantara Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Pengembangan EkonomI. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 566-572.

Nuralawiah, N., Camelia, D., Dirania, I., & Sopandi, R. (2023). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN WAWASAN

NUSANTARA PADA MAHASISWA. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 348-352.

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan nusantara sebagai upaya membangun rasa dan sikap nasionalisme warga negara: sebuah tinjauan literatur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59-64.

Nusantara, A. P. W. (2020). Modul 6 Wawasan Nusantara. Pendidikan Kewarganegaraan, 100.

Sumarsono, S. (2001). Pendidikan kewarganegaraan. Gramedia Pustaka Utama. Triwahyuni, D. (2015). Wawasan Nusantara.

Indonesia, P. (2013). Wawasan Nusantara.

Bima, A. A. N. A. W., & Dewi, N. P. W. K. (2024). Penerapan Asas Wawasan Nusantara Dalam Penguatan Geopolitik Indonesia Pada Pengelolaan Maritim Nusantara. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 7(1), 9-15..




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.20312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.