Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo

Rini Ekayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode blended learning berbasis aplikasi Edmodo. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan aktifitas belajar dan mengajar dosen dan mahasiswa di dalam kelas. Selain itu, data juga diambil dari respon dosen dan mahasiswa terhadap implementasi implementasi metode blended learning berbasis aplikasi Edmodo. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa implementasi metode blended learning berbasis aplikasi Edmodo berdampak positif dimana dosen dan mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, baik secara online maupun tatap muka.

Keywords


Blended Learning, Aplikasi Edmodo

Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network Edmodo Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, Vol. VI No.2, Juli 2013. Hal 99-105

Balasubramanian, Kandappan & Jaykumar, Leena N. K. (2014). Student Preference Towards The Use Of Edmodo As A Learning Platform To Create Responsible Learning Environment. Prosiding, Asia Euro Conference. Selangor : School of Hospitality, Tourism and Culinary Arts, Taylors University.

Effendi, Mukhlison. 2013. Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, Nomor 2, Oktober 2013. Hal. 283-308

Ekayati, Rini. 2016. Optimalisasi Edmodo Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa Semester VII Pada Mata Kulian LC Di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Laporan Penelitian Teaching Grant, LPPM UMSU. Medan

Graham CR. 2006. Blended Learning Systems : Definition, Current Trends and Future Directions, dalam C. Bonk and C. Graham (Eds), The Hand Book of Blended Learning, Global Perspectives Local Design. San Francisco : John Wiley & Sons, Inc.

Kamarga, Hansiswany. (2011). Constructing Online Based History Learning: Comparison Of Learning Content Management System (LCMS) To Learning Management System (LMS). International Journal of History Education. Vol. XII, No. 2.

Mahmudi. 2007. Managemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN.

Marsh, Debra. 2012. Blended Learning: Creating Learning Opportunities for Language Learners. Cambridge University Press.

Nurita Putranti. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2). Hlm. 141.

Rahmana, Aninda Yulianti, dkk. 2015. Validitas Perangkat Pembelajaran Blended Learning Terintegrasi Edmodo Pada Submateri Katabolisme Karbohidrat. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.4 No.2 Mei 2015. Hal. 848-853

Rooney, J. E. 2003, Blended learning opportunities to enhance educational programming and meetings. Association Management, 55(5), 26-32.

Sangidu. 2004. Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Sogiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sofiana, Nina. 2015. Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening. Jurnal Tarbawi Vol. 12. No. 1. Januari - Juni 2015

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nasution, D. K. (2017). Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique.

Nasution, Dewi Kesuma. "Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique." (2017).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v4i2.2277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.