Analasis Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Kinerja Guru Di MTS Al-Jamiyatul Washliyah Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fokus Kepala Madrasah dalam memimpin MTs Al-Jam'iyatul Washliyah dimana dengan menggunakan Kepemimpinan Partisipatif pelaksanaan Kinerja Guru berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Kinerja Guru yang terdiri dari indikator Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pribadi dan Kompetensi Sosial merupakan suatu dasar yang menunjang segala kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu dengan adanya keempat kompetensi tersebut tugas sebagai guru lebih terarah dengan baik. Pembagian Tugas dengan Merata, berdasarkan dedikasi dan produktifitas yang dimiliki setiap wakil Kepala Madrasah MTs Al-Jam'iyatul Washliyah dengan adanya pembagian tugas, maka struktur kepengurusan di MTs Al-Jam'iyatul Washliyah menjadi lebih tertata dengan baik. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan input, proses dan siswa MTs Al-Jam'iyatul Washliyah. Musyawarah bersama, setelah adanya kesepakatan antara Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah melalui pembelajaran daring maka dibentuk struktur pembagian tugas secara merata, maka dilakukan musyawarah pada rapat pelaporan nilai tugas, kerja dan proyek para siswa. Dan hasil akhir di kumpulkan menjadi administrasi kelengkapan Kinerja para Guru dan akan di evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama, baik kritik dan saran sesuai dengan misi MTs Al-Jam'iyatul Washliyah, yang menggunakan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dengan memutuskan setiap hasil dari rapat yang telah disepakati secara bersama-sama
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Choliq, 2014. Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksanaan. Dari Formulasi ke. Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Desi Lawarni Tanjung, 2020, Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai. Diakses tanggal 20 Maret 2020.
E.B. Surbakti, 2012. Panduan Lengkap Manajemen Perusahaan, Jakarta: Praninta Aksara
Gerungan, W.A. 2007. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco
IGN Bagus Sugihandara, I Wayan Gede Supartha, 2015, Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif, Komitmen Organisasional Dan Imbalan Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Diakses pada tanggal 4 Maret 2020 (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14535)
Imam Moedjino, 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian, (Jogjakarta: UII Press
Marwansyah, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, (Bandung: Alfabeta, 2012
Moeheriono. 2012. PengukuranKinerjaBerbasisKompetensiEdisirevisi. Jakarta: Grafindo
, 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia
Moelong, 2010. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya
Moelong, J Lexy. 2015. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung:RemajaRosdakarya
Mulyasa, 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Angkasa
Musfah, Jejen. 2015. Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan Praktik). Jakarta: Prenada Media Group
Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail
Nana Sudjana, dkk. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nia Juniawati, 2017, Kontribusi Kepemimpinan Partisipatif Dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sd Negeri Se-Bandung Timur.
Diakses pada tanggal 18 juli 2020 (file:///C:/Users/hp/Downloads/8301-18363-1-PB%20(2).pdf)
P. Siagian, Sondang.2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung
Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi Edisi ke 7 (Jilid II). Jakarta: Prehallind
Sudarmanto, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:CVAlfabeta
, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta
Thoha, Burhanuddin dan Furqon. 2004. Penilaian Sekolah Efektif. (Http.///www.Depdiknas.go.id/jurnal/4/htm) diakses 29 februari 2020
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1)
Undang-undang republik Indonesia28 tahun 2004tentangPerubahan atasundang - undang nomor 16 tahun 2001Tentang yayasan
Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wahjosumidjo, J.M. 2010. Kepemimpinan Kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wahjosumidjo,J.M. 2008. Leadership for Quality: The free Press. TerjemahanE. Nugroho. Kepemimpinan Mutu. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
Wexley, kenneth. And Gary yulk.1992. Perilaku Organisasasi dan Psikologi personalia. Jakarta :Rhinneka Cipta
Winardi, 1994. Asas-asas manajemmen. Bandung: Alumni
Yulk, Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Aih Bahaan: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks http://komptensi.info/umum/aspek--dimensi-dalam-kompetensi.html (diakses tanggal 4 maret 2020
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.5227
Refbacks
- There are currently no refbacks.