Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Model Pembelajaran Student Facilitatory And Explaining

Dian Novianti Sitompul, Faisal Rahman Dongoran, Isra Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran akuntansi berbasis model pembelajaran SFAE dan Untuk menemukan bagaimana hasil belajar akuntansi dengan pembelajaran berbasis model pembelajaran SFAE pada mahasiswa FKIP UMSU. Penelitian ini dilakukan dalam upaya memberikan alternatif solusi penggunaan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar pada mahasiswa program studi Pendidikan akuntansi FKIP UMSU. Pengembangan model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dilakukakan melalui beberapa tahapan. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data dan hasil dalam penelitian ini adalah melalui observasi langsung dikelas pada semester sebelumnya, Selain itu, peneliti juga menggunakan tes dan lembar observasi yang didapat dari hasil refleksi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis untuk selanjutnya dapat ditarik kesimpulan terkait kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran SFAE, Berdasarkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan Model pembelajaran Student Facilitatory And Explaining (SFAE) dengan metode resitasi (penugasan) secara berkelompok diperoleh hasil rerata hitung belajar sebesar 70.7. Inti penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran berbasis SFAE dan akan dikaitkan dengan hasil belajar mahasiswa. Sedangkan pada aktifitas belajar, apakah mahasiswa belajar, bagaimana mahasiswa belajar dan bagaimana keaktifan mahasiswa belajar diperoleh Kelompok satu mendapat hasil belajar dengan nilai 80, dimana jika dilihat dari keaktifan dalam proses pembelajaran maka diperoleh gambaran bahwa pembelajaran masih kondusif, meskipun ada sebahagian besar anggota kelompok yang tidak fokus pada saat diskusi penyelesaian masalah, perdebatan dalam menyelesaikan masalah seru dan kepastian atas jawaban kelompok dapat dipertanggung jawabkan, kondisi inilah yang menghantarkan kelompok satu mendapatkan nilai 80.


Keywords


Pengembangan, Student Facilitatory and Explaining (SFAE), Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2008

Alfiyatun Lutfia dan Desi Wulandari. (2014). Penerapan model student facilitator and explaining berbantuan media visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Joyful Learning Journal Vol. 3, No. 1, Maret 2014 (Hal. 46-50) https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/5896/4605

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta. Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Baharuddin dan Waryuni, Esa Nur. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz

Daryanto dan Muljo Rahardjo. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media Dimyati Mudjiono.

Effendi. 2008. Analisis Kualifikasi dan Kompetensi Profesi Guru serta Upaya Pengembangannya dalam Menyikapi UU Guru-Dosen. (Online), (http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/ download/297/411

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21

Muslim,Siska Ryane. (2015). Pengaruh penggunaan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMK di kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika Vol. 1 No. 1, September 2015 (Hal. 65-72). Diakses dari laman: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/download/14/14

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta:Diva.

Rusman. Model-Model Pembelajaran, Jakarta:PT. Raja Grafindo.2011.

Suprijono, Agus. Cooperatif Learning. Surabaya:Pustaka Belajar.2




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.