Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Menengah Teologia Kristen (SMTK) di Kota Kupang

Umar Ali, Rifhan Defidson

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyusunan program supervisi akademik, penggunaan teknik, serta pandangan guru terhadap supervisi akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Teologia (SMTK) di Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan peran serta dan dokumentasi. Adapun teknik Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yang dimulai dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepala sekolah dari tiga lokasi penetian memiliki program supervisi yang termuat dalam dokumen program kerja kepala sekolah. Namun dalam pelaksanaanya penyusunan program kerja ini masih bersifat sederhana dan formalitas karena melekat pada tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah dan juga sebagai supervisor, 2) pengunaan teknik supervisi akademik menggunakan teknik observasi kelas dan teknik kunjungan kelas. Itu artinya tekhnik supervisi yang digunakan ini bersifat individual yaitu dilakukan terhadap guru secara perorangan, 3) penggunaan pendekatan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dari tiga lokasi penelitian adalah pendekatan ilmiah, artistik dan juga Klinis dan 4) pandangan guru terhadap supervisi akademik dari tiga lokasi penelitian ini adalah bahwa kesan yang diberikan guru pada umumnya dianggap cukup baik karena dengan supervisi tersebut mereka para guru bisa mendapatkan pengetahuan dari hasil supervisi dan juga para guru dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar.


Keywords


Supervisi Akademik, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ali, Umar. 2017. Supervisi (Konsep dasar dan Implementasi dalam Pelaksanaan Pembelajaran). Lutfansa Mediatama:Surabaya.

Banun Muslim, Sri. 2010. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung:Alfabeta

Bogdan, R. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education :An Introduction to Theory and Methods. London:Allyn and Bacon.Inc.

Denovoidea. 2009. Supervisi Pengajaran:Antara Konsep dan Praktik. Jurnal Nasional, http://denoviodea.wordpress.com.feed//

Glickman, CD. 1981. Development Supervision. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Glickman, CD. 1990. Supervision of Instructional, A Development Approach. Second Edition. Needham Heights. Massachusetts:Allyn and Bacon

Glicman, CD., Gordon, SP., Ross-Gorgon, JM. 2009. The Basic Guide to Supervi-sion and Instructional Leadership. Second Edition. Pearson:Allyn and Bacon

Hartono, Melani 2016. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pengajaran. https://pgsd.binus.ac.id.

Haris, B.M. 1985. Supervisory Behavior in Education. Englewood Cliffs, N.J:Prentice-Hall, Inc.

https://mutudidik.wordpress.com/2018/05/11/pendekatan-dan-teknik-supervisi-akademik/.

Kotten, Nasir B. 2011. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Ende:Nusa Indah

Maryono, 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta:Arr-Ruzz Media

Milles, M.B. & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta:UI Press.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Moleong, E.J. 1991. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. & Nawawi, M. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Novianti, Herman. 2015. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Maret 2015, hlm.350-358

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta:Rineka Cipta.

Rohmanto, Elham dan Aqib, Zainal. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung:Yrama Widya.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sahertian, P.A dan Mahateru, F. 2000. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya:Usaha Nasional

Sarojo, R.J. 1993. Penelitian Kualitatif Pendidikan. Sebuah Pendekatan Interpretatif bagi pengkajian proses dan makna hubungan antar subjek, JIP-FKIP Universitas Sebelas Maret Surabaya.

Sergiovanni, T.J. Ed. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: ASCD.

Sergiovanni, T.J. dan Starrat, R.J. 1993. Supervision A Redefinition. 5th Ed. New York: McGraw-Hill Book Co.

Spradley. 1980. Partisipant Observation. Newyork: Holt Ninerhart and Winston Press.

Sudrajat. 2011. http://akhmad sudrajat.wordpress.com.

Suhardan, D. 2010. Supervisi Profesional: Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajarandi Era Otonomi Daerah. Alfabeta:Bandung.

Walinono. H. 1992. Kebijaksanaan Strategi Pendidikan Dasar Sampai Tahun 2000. Jurnal Pendidikan, No. 6 April.50.

Wiratna, V. Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitia. Surabaya:PT. Pustaka Baru.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.