The Nature of the Axiological Foundation of Pancasila and Civic Education

isna Sari Rukmana

Abstract


Filsafat bertugas menafsirkan fenomena semesta, kebenaran berada disepanjang pemikiran. Pada hakikatnya aktifitas ilmu digerakkan oleh pertanyaan yang didasarkan pada tiga masalah pokok yakni: Apakah yang ingin diketahui, bagaimana cara memperoleh pengetahuan dan apakah nilai pengetahuan tersebut. Oleh karena itu, ilmu dan pendidikan tidak terlepas dari landasan ontologi, epistemologi dan aksiologi. Pendidikan Pacasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai pembelajaran terfokus pada masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif Pancasila. Metode yang digunakan dalam pembahasan penulisan karya ini adalah metode deskriptif untuk menjelaskan Hakikat Landasan Aksiologis Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sila-sila Pancasila sebagai suatu system filsafat juga memiliki satu kesatuan aksiologisnya, sehinga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Nilai-nilai tersebut secara lengkap dan harmonis, baik nilai material, nilai vital, nilai kebenaran, nilai keindahan atau nilai estetis, nilai kebaikan atau nilai moral, maupun nilai kesucian yang sistematis hierarkis, yang dimulai dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai dasar sampai sila Keadilan sosial sebagai seluruh rakyat Indonesia sebagai tujuan. Selain itu, Hakikat sila-sila Pancasila (substansi Pancasila) adalah nilai-nilai sebagai pedoman Negara adalah norma, adapun aktualisasinya merupakan realisasi konkrit Pancasila. Substansi Pancasila dengan kelima silanya yang terdapat pada ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan prinsip dasar yang mengandung kualitas tertentu itu merupakan cita-cita dan harapan atau hal yang ditujukan oleh bangsa Indonesia untuk diwujudkan menjadi kenyataan dalam kehidupannya, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa mupun bernegara

Keywords


Pancasila, Nationalism, Internalization, Citizenship Education

Full Text:

PDF

References


Daliman.2012.Pengantar Filsafat Sejarah. Ombak:Yogyakarta

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Hambani, P. 2021. Landasan aksiologis pancasila.

Jalaluddin.2014.Filsafat ilmu pengetahuan dan peradaban.PT.RajaGrafindo Persada : Jakarta

Kaelan. 2012, Negara Kebangsaan Pancasila Kultural, Historis Filosofis, Yuridis dan Aktualisasinya, Paradigma, Yogyakarta.

Kattsoff, L.,O.1996. Pengantar Filsafat, terj. Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana

Muslih, M. (2016). Integrasi Keilmuan; Isu Mutakhir Filsafat Ilmu. Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 14(2), 245-272.

Nataly Z. Chesky & Mark R. Wolfmeyer.2015..Philosophy of STEM Education: A Critical Investigation, The Cultural and Social Foundations of Education

Rosnawati, R., Syukri, A. S. A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. R. A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186-194.

Salahudin,A.,2011 Filsafat Pendidikan, CV. Pustaka Setia, Bandung

Sanprayogi, M., & Chaer, M. T. (2017). Aksiologi Filsafat Ilmu dalam Pengembangan Keilmuan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(1), 105-120.

Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, S., ... & Kato, I. (2021). Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Soeprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1485/pdf

Sutono, A., & Purwosaputro, S. (2019). Aksiologi Pancasila. CIVIS, 8(2). http://103.98.176.9/index.php/civis/article/view/4678

Tomalili, R. (2019). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Deepublish.

Widyawati, S. (2013). Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(1). https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/gelar/article/view/1441/1415

Yassa, S. (2018). Pendidikan Pancasila ditinjau dari perspektif filsafat (aksiologi). Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1156261&val=5546&title=Pendidikan%20Pancasila%20ditinjau%20dari%20perspektif%20filsafat%20aksiologi

Zaprulkhan. 2016. Filsafat Ilmu Sebuah Analisis Kontemporer. Jakarta: PT. Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.