PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA (STUDI KASUS MASA PANDEMI COVID-19)

Junaidi Naibaho, Hodriani Sitompul

Abstract


PPKn ialah salah satu mata pelajaran yang mempersiapkan anak didik menjadi masyarakat negeri yang pintar, bertanggung jawab, serta berkeadaban. Pembelajaran daring merupakan alternatif pembelajaran pada kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran tatap muka dua kali dalam satu minggu juga sudah diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran PPKn masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Sibolga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka.Hasil penelitian penghambatan yang ditemukan pada pembelajaran PPKn yaitu seperti kuota dan koneksi internet, pelaksanaan pembelajaran, alat penunjang yang masih kurang mendukung, dan guru merasa bingung dalam penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat.

Keywords


Pendidikan Pancsila dan Kewarganegaraan, Pembelajaran, Covid-19, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 282-289.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy , 281-288.

Aulia, P., Nugraha, D. M., & Supriyono. (2021). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Dispilin Belajar Siswa Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Harmony , 48-56.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi pandemi Virus Corono (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jrunal Sosial dan Budaya , 217-226.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara

Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah , 15-24.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial , 139-149.

Prawanti, L., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana , 287-291.

Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan , 2970-2984.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukerteyasa, I. P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan , 81-88.

Suwanda, M. (2016). SurandaSumber Belajar Penunjang PLPG : Kahikat Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Suyahman, Dewi, P. T., Mahardisiwi, R., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan Whatsapp Dalam Pembelajaran PPKn Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Veteran 1 Sukoharjo. Jurnal PPKn , 6-18.

Suyahman, Ramadanti, F., Oktaviani, D., & Wardhani, D. P. (2020). Problematika dalam Pembelajaran PPKn pada Era Covid-19 di SMA NEGERI 3 SUKOHARJO. PKn Progresif , 68-77.

Umar, S., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nara Karya

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pekan , 104-115.


Refbacks