Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Globalisasi Kelas VI di SDN Kayuringin Jaya XIX Kota Bekasi
Abstract
Kurang maksimalnya hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran PPKn materi Globalisasi dikarenakan metode pembelajaran yang dipakai kurang aktif dan menyenangkan. Ketertarikan siswa terhadap pelajaran masih rendah akibatnya materi yang diberikan oleh guru mudah terabaikan. Pengkajian konsep materi masih kurang, dan siswa tidak memiliki kesempatan dalam mencari informasi pembelajaran yang ingin diketahuinya. Terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal 70, hal itu belum sesuai dengan yang diharapkan seperti yang tercantum pada tujuan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Globalisasi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SDN Kayuringin Jaya XIX Kota Bekasi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kayuringin Jaya XIX sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kayuringin Jaya XIX materi Globalisasi. Peningkatan hasil belajar rata-rata per kelas pada Pra siklus (67,13%), Siklus I (70,93%) dan Siklus II (80,33%). Waktu Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2023.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Haris dan Jihad Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Anatasya, E. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa
di SD. L on Education, Volume 05, No. 03, Maret-April 2023, Hal. 5833-5840, 5(3), 5833–5840.
https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1752
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). BIJEE : Bima Journal of Elementary Education. 1(1), 1–7.
Ekawarna, E., Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan
kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi Vol. 5(1), 52–62.
https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13805
Lahagu, A. (2022). Penerapan model reciprocal teaching dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di
SMP Negeri 5 Namohalu. LAURU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 28–33.
https://doi.org/10.56207/lauru.v1i1.21
Mufidah, Z., Azizah, N., & Saputra, E. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Fishbowl dalam
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. MA’ALIM: Jurnal
Pendidikan Islam, 3(01), 67–79. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3878
Nining Sariyyah. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan
Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1) 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112
Nuna, M., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Metode Mind Mapping di SMA Negeri 1 Paberiwai. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7683–7692.
Priyanti, A. (2022a). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika.
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 58–64. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.408
Priyanti, A. (2022b). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika.
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 58–64. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.408
Purwaty, R., Marlina, M., & Fitrianti, H. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model
Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, 8(2), 245–254. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1362
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–
Wibowo, N. Z., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique
(VCT) untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3792–3800.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2732
Wigati, S. (2019). Penggunaan Media Game Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar
Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457–464.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2445
Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based
Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106–111.
https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.458
Iskandar, Dadang dan Nasim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Bandung: Ihya Media
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v2i2.15975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Apit Dulyapit Apit Dulyapit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.