Nilai Pendidikan Politik Abad 21 Bagi Generasi Muda Menuju Warga Negara Yang Demokratis
Abstract
Arah pendidikan politik masih mosaik dan kurang mendunia, kebijakan, perencanaan, penganggaran yang kurang berpijak pada dunia. Idealnya, arah pendidikan politik bersifat multikultural yaitu pembangunan/ pendidikan yang berpijak pada gagasan peraturan, karakteristik, kekayaan, ragam kebutuhan lainnya yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, masyarakat, berbagai sektor pembangunan dan sub-sub sektornya. Selain mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal seraya memenuhi kebutuhan tuntutan global. Nilai-nilai pendidikan politik di abad 21 harus bersifat mulikultural menekankan pada aktif kewarganegaraan transformative, bersifat open minded. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Penggunaan metode ini dengan teknik pengumpulan data yang penelaahannya menggunakan berbagai buku, jurnal, literatur, catatan, artikel, dokumen penelitian dan berbagai laporan yang masalahnya berkaitan dengan nilai-nilai Pendidikan politik abad ke-21.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v2i3.16426
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vinni Dini Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.