Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi di SMP Negeri 27 Medan

Asianna Manik, Delila Maya Sari, Lammarito Lumbangaol, Ruth Geraldine Manurung, Shelly Elprida Gajahmanik, Liber Siagian, Fazli Rachman

Abstract


Abstract

This research aims to find out the effectiveness of implementing animated video-based learning media in understanding Pancasila and citizenship education learning material for students in class IX-3 of SMP Negeri 27. This research uses a qualitative descriptive research method. This research focuses on class IX-3 students at SMP Negeri 27 Medan, totaling 29 students. The data collection technique used in this research is by observing, distributing questionnaires to respondents and looking for other references from books and journals. The research results show that animated video-based learning media is effective for implementation for class IX-3 students at SMP Negeri 27 Medan, students find it easier to understand Pancasila and citizenship education learning material by using animated video-based learning media. Animated videos are able to increase student interest and enthusiasm and make it easier for students to learn in class.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efektifitas dari pengimplementasian media pembelajaran berbasis video animasi dalam memahami materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap siswa kelas IX-3 SMP Negeri 27. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, penyebaran angket kepada responden serta mencari referensi lain dari buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi efektif untuk diimplemtasikan terhadap siswa kelas IX-3 SMP Negeri 27 Medan, siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi. Video animasi mampu untuk meningkatkan ketertarikan dan antusias siswa dan mempermudah siswa dalam belajar di dalam kelas.


Keywords


Learning Media; Animation Video; PPKn Subject. Media Pembelajaran; Video Animasi; Mata Pelajaran PPKn

References


Afifah, Nur, Firman, Mirnawati, Jumardin La Fua, and Munir Yusuf, ‘Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Di Sekolah Dasar’, Didakita: Jurnal Kependidikan, 11.2 (2022), 57–66

Deli, and Richie Marlon, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan’, Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16.2 (2022), 235–42

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufti Anwari, and others, Media Pembelajaran, ed. by Fatma Sukmawati, Tahta Media Group (Klaten: Penerbit Tahta Media Group (Grup Penerbit CV Tahta Media Group), 2021)

Khairunnisa, Avivah, and Tri Wintolo Apoko, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar’, Jurnal Kewarganegaraan, 22.2 (2023), 191–203

Miftah, M, ‘Fungsi Dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa’, Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1.2 (2013), 95–105

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi (PT Remaja Rosdakarya, 2007)

Moto, Maklonia Meling, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan’, Indonesian Journal of Primary Education, 3.1 (2019), 20–28

Muslim, Muhammad Ikhwanul, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD’, Jurnal Prodi Teknoligi Pendidikan, 6.1 (2017), 26–34

Nurwahidah, Cut Dhien, Zaharah, and Ibnu Sina, ‘Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa’, Rausyan Fikir: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17.1 (2021), 118–39

Pamungkas, Wahyu Agung Dwi, and Henny Dewi Koeswanti, ‘Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 4.3 (2021), 346–54

Putra, Herdanito Medika, and Sebastianus Widanarto Prijowuntato, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Di SMK Negeri 1 Godean Kelas X’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15.1 (2021), 11–19

Sumarni, Indri Astuti, and Aloysius Mering, ‘Pengembangan Video Animasi Untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10.2 (2021), 1–13




DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v3i2.16842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asianna Manik, Delila Maya Sari, Lammarito Lumbangaol, Ruth Geraldine Manurung, Shelly Elprida Gajahmanik, Liber Siagian, Fazli Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.