Penerapan Pembelajaran PPKn Berbasis Digital di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan

Fatimah Az Zahra, Boy Dippu Tua Simbolon, Lennai Situmorang, Naulita Panggabean, Stefy Margaretha, Vivin Silvia Boangmanalu, Fazli Rachman

Abstract


Penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran telah mengintegrasikan dirinya dengan mulus ke dalam kerangka pendidikan kontemporer. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menilai pelaksanaan pendidikan PPKn berbasis digital di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus, pengumpulan data dari instruktur dan siswa melalui wawancara dan observasi. Temuan analisis dan pengamatan peneliti menunjukkan bahwa lembaga pendidikan belum berfungsi secara maksimal, khususnya dalam bidang pendidikan kewarganegaraan, karena masih bergantung pada buku teks dan papan tulis sebagai sumber belajar. Guru PPKn di sekolah tersebut menggunakan metode ceramah seperti biasanya, yang dimana murid hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru saja. Guru yang mengajarkan mata pelajaran PPKn pada kelas IX di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan tersebut, terkesan hanya memberikan pengajaran dalam bentuk hapalan terhadap materi pelajaran tentang Pembukaan UUD 1945. Hal tersebut perlu diperbaiki agar kedepannya pembelajaran PPKn di sekolah tersebut terlaksana dengan efektif dan efisien.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.