Integrasi Pengetahuan Maritim dalam Kurikulum PKN: Pendekatan Multidisipliner untuk Pembangunan Karakter Bangsa

Muhammad David, Panggi Nur Adi, Dita Romadhoni, Sabaruddin Sabaruddin, Rahmat Kurnia

Abstract


Integrasi pengetahuan maritim dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) sangat penting untuk membangun karakter bangsa yang berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan dan kesadaran akan potensi maritim Indonesia. enelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengetahuan maritim dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum PKN melalui pendekatan multidisipliner. Dalam konteks ini, pengetahuan maritim tidak hanya mencakup aspek ekonomi, tetapi juga sosial, budaya, dan lingkungan. Misalnya, pemahaman tentang keberlanjutan sumber daya laut dapat mengajarkan siswa tentang tanggung jawab terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga ekosistem laut. Selain itu, pendidikan maritim dapat meningkatkan kesadaran akan identitas nasional dan kebanggaan terhadap warisan budaya maritim Indonesia. Dengan mengintegrasikan pengetahuan ini, diharapkan siswa tidak hanya menjadi warga negara yang baik, tetapi juga menjadi pelindung sumber daya laut dan budaya bangsa. Melalui pendekatan multidisipliner, kurikulum PKN dapat mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu lingkungan, ekonomi maritim, dan sosiologi. Hal ini akan memberikan siswa perspektif yang lebih luas mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sebagai negara maritim. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengembang kurikulum untuk mengimplementasikan integrasi pengetahuan maritim secara efektif dalam pendidikan kewarganegaraan.

Keywords


Maritim; Pengetahuan; kurikulum; Multidisiplin; Bangsa

References


Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Statistik Maritim Indonesia. Jakarta: BPS

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Statistik Kelautan Indonesia 2021. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Kelautan dan Perikanan. Jakarta: BPS.

Dinas Pendidikan Banyuwangi. (2021). Program Sekolah Maritim di Banyuwangi. Banyuwangi: Dinas Pendidikan

Beers, S. Z. (2011). 21st Century Skills: Preparing Students for Their Future. Educational Leadership, 68(1), 10-14.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2021). Laporan Penanganan Bencana di Kawasan Pesisir.

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Wenderoth, M. P., & Crowe, A. J. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415

Gibbons, M., Limoges, C., Nowotny, H., Schwartzman, S., & Scott, P. (1994). The New Production of Knowledge: The Dynamics of Science and Research in Contemporary Societies. SAGE Publications

Hernandez, R. (2020). Environmental Education and Sustainable Behavior: A Study of High School Students. Journal of Environmental Education

Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112

IPCC. (2021). Climate Change 2021: The Physical Science Basis. Cambridge University Press.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP). (2020). Strategi Pengembangan Pengetahuan Maritim di Indonesia. Jakarta: KKP.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (2021). Laporan Tahunan KKP 2020. Jakarta: KKP

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (2022). Laporan Tahunan Pengelolaan Sumber Daya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan

Kementerian Pariwisata. (2022). Statistik Pariwisata Indonesia 2022. Jakarta: Kemenpar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2022). Laporan Evaluasi Kurikulum 2022. Jakarta: Kemendikbud

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (2021). Laporan Tahunan Kegiatan Lomba Cinta Laut. Jakarta: KKP

Mulyana, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Berbasis Konteks Lokal Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 123-135

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). (2019). Education and Outreach: Engaging Students in Marine Science. Retrieved from [NOAA website

National Education Association (NEA). (2018). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator's Guide to the “Four Cs”.

Nurdin, M. (2020). Teknologi Pemantauan Ikan Ilegal di Indonesia. Jurnal Teknologi Kelautan,

Pusat Penelitian Kebudayaan dan Sejarah. (2021). Studi tentang Peran Budaya Lokal dalam Pendidikan. Jakarta: PPKS.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rachmawati, D. (2021). Holistic Assessment in Citizenship Education: A Case Study. Journal of Educational Assessment

Rahman, A. (2021). Pembelajaran Berbasis Pengalaman dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 123-134

Sari, R. (2021). Integrasi Pendidikan Maritim dalam Kurikulum Sekolah: Studi Kasus di Daerah Pesisir. Jurnal Pendidikan Maritim, 3(1), 45-60

Santoso, B. (2021). Pembelajaran Interdisipliner dalam Pendidikan Maritim. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(1), 67-78

Sari, R., Handayani, S., & Prabowo, H. (2021). Peran Pendidikan Maritim dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 45-58.

Soekarno, B. (2019). Warisan Budaya Maritim Indonesia: Sejarah dan Relevansinya. Jurnal Sejarah Maritim, 4(2), 112-123.

Sukardi, A. (2022). Community-Based Learning in Maritime Studies: Engaging Students in Real-World Issues. International Journal of Maritime Education.

Setiawan, A. (2020). Integrasi Pendidikan Maritim dalam Kurikulum Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 123-135.

Susanto, H. (2021). Pengalaman Praktis dalam Pendidikan Maritim: Meningkatkan Minat Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 45-58

Supriyadi, R. (2020). Tradisi dan Praktik Lokal dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut. Jurnal Sosiologi Maritim, 8(4), 201-215.

World Bank. (2019). World Development Report: The Changing Nature of Work

United Nations Environment Programme (UNEP). (2020). Marine Pollution: A Global Assessment. Nairobi: UNEP

United Nations Environment Programme. (2021). From Pollution to Solution: A Global Assessment of Marine Litter and Plastic Pollution. Nairobi: UNEP

Yani, A. (2022). Program Pendidikan Berbasis Maritim di Sekolah Pesisir: Studi Kasus di Kabupaten X. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 3(3), 67-76




DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v3i3.21452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad David, Panggi Nur Adi, Dita Romadhoni, Sabaruddin Sabaruddin, Rahmat Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.