Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dengan Menggunakan Video Pembelajaran berbasis Youtube pada Peserta Didik Kelas 7 SMP Negeri 51 Palembang

Mesi Herdianti, Emil El Faisal, Maisyah Maisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII.C dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penggunaan video pembelajaran berbasis youtube di SMP Negeri 51 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakn selama 2 siklus dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas VII.C SMP Negeri 51 Palembang yang berjumlah 35 orang peserta didik pada materi Sejarah Kelahiran Pancasila. Penelitian ini diamati oleh 3 orang observer yang hasilnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis youtube dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.C SMP Negeri 51 Palembang. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2 yang mengalami peningkatan yakni pada siklus 1 rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 70,08 dengan presentasi ketuntasan peserta didik sebesar 60% dengan tingkat kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 84,82 dengan presentasi ketuntasan peserta didik sebesar 94,28% dengan tingkat lategori sangat baik.

Keywords


Hasil Belajar PPKn, Video Pembelajaran, Youtube

References


Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074-1084.

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.

Aditiya, N., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan Video Youtube Pada Pembelajaran Tematik Saat Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik. Edutainment, 9(2), 108-117.

Bening Sri Palupi (2020) di SDN 4 Kutosari, Kabupaten Kebumen, Jawa menunjukkan bahwa media video mampu memberikan gambaran nyata bagi peserta didik dalam memahami masalah yang akan mereka pecahkan

Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572-2721.

Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291.

Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074-1084.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Preciosa Alnashava, J. (2018). The potential of youtube as educational media for young people (Potensi youtube sebagai media edukasi bagi anak muda). Edulib, 8(1), 81-98.

Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.

Aditiya, N., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan Video Youtube Pada Pembelajaran Tematik Saat Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik. Edutainment, 9(2), 108-117.

Permatasari, M., Murdiono, M., & Puspitasari, C. D. (2022). The use of google sites in civic education learning in the Covid-19 pandemic era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 288–302. https://doi.org/10.21831/JC.V19I2.46750

Erlande, R. (2024). Akselerasi pendidikan karakter melalui integrasi kearifan lokal dalamPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Humanities and Civic Education, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.5832.

Erlande, R. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dalam PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Erlande, R., & Chotimah, U. (2023, August). The Effect of the Application of the Treffinger Model on Creative Thinking Ability in Pancasila and Civic Education Class VII SMPN 17 Palembang. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 496-504). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/pcej.v3i3.22360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mesi Herdianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.