Library Research the Effect of Problem Based Learnig (PBL) Learning Model on Students Critical Thinking Skills

Elisa oktavia, Sahat Saragih

Abstract


This study aims to find out the results of a Library research using the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' critical thinking skills. This type of research is qualitative research using the Library Research research method or library study conducted at Digital Library UNIMED for two months, starting from February to April 2022. The data analysis technique in this study used Miles and Huberman analysis technique. The data used in this study is secondary data from several literatures that are used as references in this study, the researcher conducteddata reduction and selects 4 journals and 2 theses as the main subject in conducting research.

Based on the results of research and analysis obtained, it can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) learning model has a large effect on students' critical thinking skills with the acquisition of an average effect size value of 0,95. This Shows that the effect obtained is in the large category and a series of stages in the PBL learning model are able to fulfilling indicator of students' critical thinking skills. The answer process of student also in solving problems whose learning using the PBL model has increased.


Keywords


Problem Based Learning (PBL) Learning Model, Critical Thinking Skills, Answer Process

Full Text:

PDF

References


Abdullah, In Hi. 2013. Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2 (1)

Abdurahman, Susanti., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 62 Halmahera Selatan pada Materi Kubus. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 8 (1)

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta : Rajawali Press

Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Deliana, Tiapul. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan. 3 (10)

Diani, R., dkk. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pesrrta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7 (2)

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus. (1)

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Harahap, Nursapia. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra. 8 (1)

Hasratuddin. 2015. Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pythagoras. 4 (1)

Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Henita., dkk. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 2

Islahuddin., dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dan Habbits of Mind (Striving for Accuracy) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 1 (2)

Karim dan Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucuma di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1)

Khatibah. 2011. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra. 5 (1)

Kurniasih, Ari Woro. 2012. Scaffolding sebagai Alternatif Upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano. 3 (2)

Mahmuzah, Rifaatul. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. 4 (1)

Marinda, Hana., dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. 6 (6)

Mulyasa, dkk. 2017. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mustajab, Wahyu., dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Koperasi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 2 (1)

Nuryanti, Lilis., dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 3 (2)

Rahmawati dan Melisa. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedia Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMPN 4 Bireuen. JESBIO. 5 (1)

Ratnawati, Dewi., dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatical : Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (1)

Retnawati, Heri. 2018. Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta : Parama Publishing

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Sari, Milya dan Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidan IPA dan Pendidikan IPA. 6(1)

Santoso, Agung. 2010. Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian. 14 (1)

Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics Education and Science. 2 (1)

Sianturi, Aprilita., dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. ONION : Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1)

Sirait, Dina Meilinda. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1)

Setiawan, Wahyu. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. 2 (1)

Steven, Dino., dkk. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 7 (3)

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Omplementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta : Prenadamedia Group

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara

Wahyunanto, Eko., dkk. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT : Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (1)

Wandi, Sustiyo., dkk. 2013. Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Jurnal Of Physical Education. 2 (8)

Yanti, Oktavia., dkk. 2017. Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Riview Pembelajaran Matematika. 2 (2)

Yeni, Ety Mukhlesi. 2015. Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal JUPENDAS. 2 (2)




DOI: https://doi.org/10.30596/jmea.v1i3.12078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Journal of Mathematics Education and Application: JMEA

University Muhammadiyah of Sumatera Utara

Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jl. Denai No 217, Indonesia

email: jmea@umsu.ac.id