Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan

Isra Hayati, Suci Fitria

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan kurang optimal disebabkan kemampuan kerja karyawan kurang maksimal dan motivasi kerja karyawan menurun dalam melaksanakan pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan metode Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi sederhana, uji hipotesis, uji parsial t hitung (uji t), uji determinasi, dengan jumlah sampel sebanyak 15 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling sebagai penentu jumlah responden yang ditujukan untuk BMT El-Munawar Medan, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan ditolaknya hipotesis H0 melalui pengujian hipotesis dimana terdapat nilai t hitung (34,264) > t tabel (2,160), dengan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,989 atau 98,9% menunjukkan sekitar 98,9% variabel kinerja karyawan (Y) dipengaruhi oleh burnout (X). Sementara sisanya sebesar 1,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel burnout mempunyai pengaruh positif sebesar 0,989 atau 98,9% terhadap kinerja karyawan pada BMT El-Munawar Medan.


Keywords


Burnout, Kinerja, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Achamad Sani. Analisis Pengaruh Burnout dan Kecerdasan Emosional (EI) Terhadap Kinerja Pegawai PT Bank Mega syariah Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang.

Andie Kamarus Zaman. Hubungan Antara Burnout Dengan Kualitas Pelayanan Perawat Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tangerang. Skripsi Sarjana Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2007.

Azuar Juliandi dan Irfan. Metode Penelitian. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2013.

Azuar juliandi, dkk. Metode Penelitian Bisnis. Medan: UMSU PRESS, 2015.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2006.

Dian Utari. Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) Medan. Skripsi Sarjana Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2017.

Dissy Viana Andani Putri. Analisis Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pada Perawat. Skripsi Sarjana Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, 2014.

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan programSPSS. Edisi kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2001

Inra Risma Trisnawaty Bubar-Butar. Hubungan Antara Burnout Dengan Prestasi Kerja Insurance Agents Prudential Cabang Kantor Graha Prestasi Medan. Skripsi Sarjana Psikologi Universitas HKBP Nommensen, 2015.

Kasmir. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Muchlisin Riadi, Burnout (Kelelahan Kerja); Indikator, Faktor & Gejalanya, didapat dari http://www.kajianpustaka.com/2016/02/burnout-kelelahan-kerja-indikator.html [home page on-line]: Internet diakses tanggal 27 November 2017.

Nikki Rasuna Katarin. Burnout Pada Karyawan Ditinjau Dari Persepsi Budaya Organisasi dan Motivasi Intrinsik di PT. Krakatau Steel. Skripsi Sarjana Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2011.

Noor dan Juliansyah. Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2013.

Nyoman Adinda Adnyaswari. Pengaruh Dukungan Sosial dan Burnout Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap RSUP SANGLAH. dalam E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 5, 2017.

Puspa Ayu Maharani dan Akde Triyoga. Kejenuhan Kerja (Bournot) dengan Kinerja Perawat dalam Pemberian asuhan Keperawatan. dalam Jurnal STIKES, Vol. 5, No. 2. 2012.

Rita Andarika. Burnout pada Perawat Puteri RS St. Elizabeth Semarang Ditinjau dari Dukungan Sosial. dalam Jurnal PSYCHE. Vol. 1, No. 1, 2004.

Saifuddin azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2012.

T. Hanny Handoko. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2006.

Wirawan. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Wibowo, Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Yeni dan Idah Niswati. Pengaruh Burnout Terhadap Motivasi Berprestasi Dalam Bekerja pada Sales Vol. 5, No. 2, 2012.




DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

         

View My Stats

Flag Counter

Editorial Address:

Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id