Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Juli Maini Sitepu, Sri Rahayu Janita

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Nurul Huda yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kulitatif dan kuantitatif yang mengarah pada peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari tiga sikulus, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, juga disertai dengan pembahasan. Adapun yang menjadi subjek peneliti dari penelitian ini adalah siswa-siswi Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 20 orang. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui tehnik mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda, pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 31,25 %, meningkat pada siklus I menjadi 42,5 %, pada siklus II kemampuan motorik halus anak bertambah menjadi 66,25 % dan pada siklus III meningkat menjadi 82,50 %.

 

Kata Kunci           : Motorik Halus, Tehnik Mozaik

Korespondensi    : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera

                                      Utara. Jalan Kapten Mukhtar Basri No.03 Medan

DOI:

https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.729


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:

        

Creative Commons License
Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2598-0033 (Online) || ISSN: 1979-9950 (Print)

 

View My Stats