Edukasi Manfaat Tanda Vital Tubuh Manusia pada Kaum Ibu di Kelurahan Sitirejo I Kecamatan Medan Kota Kota Medan

Nurul Hidayati, Irfan Darfika Lubis

Abstract


Abstrak: Pemeriksaan tanda vital adalah cara dalam mendeteksi ada tidaknya perubahan pada sistem yang ada di dalam tubuh. Tanda-tanda vital, yaitu meliputi suhu tubuh, denyut nadi, frekuensi pernapasan, dan tekanan darah. Bila tubuh dalam keadaan sakit atau kelelahan dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada tanda vital yang merupakan indikator dari adanya gangguan pada sistem tubuh. Pemeriksaan vital sign juga merupakan salah satu bentuk pemeriksaan fisik yang paling dasar terhadap pasien untuk mendiagnosis pasien. Meskipun begitu, faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitas juga dapat berperan dalam perubahan yang terjadi pada tanda-tanda vital seseorang. Betapa pentingnya keberadaan ibu yang sehat, namun dikarenakan banyaknya tanggung jawab dan juga kegiatannya dalam menjaga kesehatan keluarga, terkadang justru membuatnya lupa akan kesehatan dirinya sendiri. Kegiatan edukasi tentang pentingnya pemeriksaan tanda vital akan dilakukan pada ibu-ibu, kelurahan Sitirejo I, kec Medan kota pada 28 Agustus 2022. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan para ibu-ibu dapat menjaga kesehatan dirinya dan keluarganya.


Keywords


ibu, pemeriksaan fisik, tanda vital

References


Amigo T. A. E., Muflih, Pelatihan Kader Pemeriksaan Fisik: Tanda-Tanda Vital Di

Dusun Demangan Dan Karangsari, Wedomartani, Sleman, Yogyakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati, Yogyakarta, 2017.

Ibrahim, Anjani D.W., Santi Y.D., Diana S., Sitompul J., Penatalaksanaan Pemeriksaan Fisik Vital Signs Pada Pasien Saat Masa Pandemi Covid-19, Universitas Batam, ZONA KEBIDANAN Vol. 12 No. 1 Desember 2021

Deborah Leader, RN., Sanja Jelic, MD., Normal Adult Vital Signs Temperature, Breathing Rate, Pulse, and Blood Pressure, LinkedIn, Updated on March 01, 2022.

The Henry J. Women, Work, and Family Health: A Balancing Act. Kaiser Family Foundation. 2021

Women and Family Health: The Role of Mothers in Promoting Family and Child Health. International Journal of Global Health and Health Disparities. 2021.

Sapra A, Malik A, Bhandari P.Vital Sign Assessment. In: StatPearls [Internet]. Treasure

Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan- [Updated 2022 May 8]. Vital Sign: Tekanan Darah, Nadi, Respirasi, dan Suhu. Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. 2017




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v3i2.11887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id