Hubungan Persepsi tentang Lingkungan Pembelajaran Klinik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Profesi Dokter
Abstract
Abstrak: Persepsi tentang lingkungan pembelajaran adalah menentukan sikap mahasiswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap keefektifan perilaku belajar siswa. Motivasi belajar merupakan dorongan internal yang mendorong perilaku yang berperan penting selama proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan sebelumnya pada mahasiswa klinik FK UMP mendapatkan hasil yang tidak signifikan, hal ini menjadi pertimbangan untuk meneliti lebih lanjut mengenai persepsi lingkungan pembelajaran klinik dengan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian ini adalah 97 mahasiswa program profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan uji parametrik pearson untuk menguji hubungan persepsi tentang lingkungan pembelajaran klnik terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa program profesi dokter FK UMP Purwokerto memiliki persepsi tentang lingkungan pembelajaran klinik yang cukup baik (84,5%) dan motivasi belajar yang tinggi (85,6%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji pearson didapatkan hubungan persepsi tentang lingkungan pembelajaran klinik dan motivasi belajar dengan nilai p <0,001. Koefisien korelasi 0.356 menunjukan hubungan yang lemah. Terdapat hubungan signifikan yang lemah persepsi tentang lingkungan pembelajaran klinik dan motivasi belajar mahasiswa program pendidikan profesi dokter.
Kata Kunci: Mahasiswa program profesi dokter, Motivasi belajar, Persepsi tentang lingkungan pembelajaran klinik.
Full Text:
PDFReferences
Irham M. Analisi Persepsi Dosen Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Dosen Fakultas Ekonomi UMN). AT-TAWASSUTH J Ekon Islam. 2019;4(2):436–56.
Astina, Silalahi PY, Taihuttu YM, Angkejaya OW. Persepsi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2019 tentang Proses Pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. J Educ. 2023;06(01):10245–58.
Farajpour A, Esnaashari FF, Hejazi M, Meshkat M. Survey of midwifery students’ perception of the educational environment based on DREEM model at Islamic Azad University of Mashhad in the academic year 2014. Res Dev Med Educ. 2014;4(1):41–5.
Anisah A, Hawa P, Tarigan H, Hidana R, Faiza Y, Fitriani E. Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Belajar Kadet Mahasiswa Fakultas Kedokteran Militer Unhan Ta 2020/2021. J Pertahanan dan Bela Negara. 2022;12(2):90–106.
Chen DP, Chang SW, Burgess A, Tang B, Tsao KC, Shen CR, et al. Exploration of the external and internal factors that affected learning effectiveness for the students: a questionnaire survey. BMC Med Educ. 2023;23(1):49.
Asrori A. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Pena Persada; 2020.
Suryani S, Sanusi R, Hadianto T. Persepsi Mahasiswa Mengenal Lingkungan Belajar Klinik dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi Ners. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2017;6(3):185–93.
Sitepu DRA, Isnayanti D. Hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap prestasi akademik di fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. J Ilm Maksitek. 2021;6(1):12–7.
Rini FAA, Kusumawati A, Sakti YBH, Ningrom IC. Perbandingan Persepsi Tentang Lingkungan Pembelajaran Klinik dan Strategi Belajar Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter di RSUD Salatiga. Herb-Medicine J Terbit Berk Ilm Herbal, Kedokt dan Kesehat. 2021;4(1):36–42.
Ranganathan P. Understanding research study designs. Indian J Crit care Med peer-reviewed, Off Publ Indian Soc Crit Care Med. 2019;23(Suppl 4):S305.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif DanR&D. Bandung: Penerbit Alfabeta; 2007.
Newton JM, Jolly BC, Ockerby CM, Cross WM. Clinical learning environment inventory: factor analysis. J Adv Nurs. 2010;66(6):1371–81.
Pintrich PR. A manual for the use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). 1991;
Ningrum RK. Validitas dan reliabilitas motivated strategies for learning questionaire (MSLQ) pada mahasiswa kedokteran. PENDIPA J Sci Educ. 2021;5(3):421–5.
Habibzadeh F. Data distribution: normal or abnormal? J Korean Med Sci. 2024;39(3).
Sugiyono. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alf Bandung. 2017;
Zhang J, Shields L, Ma B, Yin Y, Wang J, Zhang R, et al. The clinical learning environment, supervision and future intention to work as a nurse in nursing students: a cross-sectional and descriptive study. BMC Med Educ. 2022;22(1):548.
Sellberg M, Palmgren PJ, Möller R. –A cross-sectional study of clinical learning environments across four undergraduate programs using the undergraduate clinical education environment measure. BMC Med Educ. 2021;21(1):258.
Lisiswanti R, Sanusi R, Prihatiningsih TS. Hubungan motivasi dan hasil belajar mahasiswa kedokteran. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2015;4(1):1–6.
Nabila J, Rahayu MS, Zubir Z. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiwa Program Profesi Dokter. Averrous J Kedokt dan Kesehat Malikussaleh. 2022;8(1):54–62.
Novianti A, Widjaja Y. Eksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Tarumanagara Med J. 2022;4(1):30–40.
Pringgoutami Z, Lisiswanti R, Oktaria D. The relation between student’s perception of learning environment and learning motivation of pre-clinical medical student. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2019;8(1):10–6.
Biggs JB. Student Approaches to Learning and Studying. Research Monograph. ERIC; 1987.
Lassesen B. Student approach to learning: An empirical investigation of factors associated with student approach to learning. 2011;
Abednego A, Nuniary S, Rumahlewang E, Batlolona JR. The correlation between student perception and learning motivation: blended learning strategy. Al-Ishlah J Pendidik. 2023;15(2):1338–46.
DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v6i4.25101
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id



