PENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA PAB 8 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Khairul Alam, Faisal R. Dongoran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui apakah Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray(TSTS) dengan menggunakan Media Visual dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI SMK PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2016/2017.

Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk uraian. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta PAB 8Sampali yang berjumlah 42 orang siswapada Tahun Pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, yang setiap siklus nya mempunyai tahapan-tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, danRefleksi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray ternyata dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar pencatatan transaksi kedalam neraca lajur. Setelah mengamati hasil belajar dari tes awal (sebelum menerapakan model pembelajaran Two Stay Two Stray) dari 42 siswa hanya 7 dengan persentase 16,67% orang mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Setelah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I terdapat 12 orang siswa yang tuntas dengan persentase 28,58% dan setelah siklus II menjadi 35 orang siswa yang tuntas dengan persentase 83,33% dengan katagori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI SMK Swasta PAB 8 Sampali tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Meningkatkan Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v3i2.1246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.