slot gacor slot demo slot gacor
Penilaian Implementasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ProgramAsistensi Mengajar Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara | Nasution | EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Penilaian Implementasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ProgramAsistensi Mengajar Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Dewi Kesuma Nasution, Aisar Novita, Muhammad Syahreza Hafiz

Abstract


Implementasi dalam menghantarkan kebijakan dilakukan juga di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) salah satunya melalui penilaian implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam program asistensi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penilaian implementasi program asistensi mengajar di UMSU. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui survei dengan memberikan angket kepada mahasiswa, dosen dan tendik. Instrumen tersebut berupa angket penilaian implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Asistensi Mengajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa UMSU peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 1, Angkatan 2 dan Angkatan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap program asistensi mengajar berdasarkan fakultas di UMSU menunjukkan skor total sebesar 3,65 artinya secara keseluruhan pelayanan yang diberikan UMSU berada pada level 4 dengan kriteria hasil memuaskan, kepuasan mahasiswa terhadap Kemampuan mahasiswa menyusun perencanaan kegiatan Asisten Mengajar dengan mean sebesar 3.72 yang berada pada kriteria sudah memuaskan, kepuasan mahasiswa terhadap Keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan akademik, dengan mean sebesar 3.69 yang berada pada kriteria memuaskan, kepuasan mahasiswa terhadap Keterampilan mahasiswa dalam adaptasi teknologi dalam pembelajaran, dengan mean 3.59 berada pada kriteria memuaskan. kepuasan mahasiswa terhadap keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan non akademik berada pada kriteria sudah memuaskan (3.58)

 

Abstract

This Implementation in delivering policies was also carried out within the Muhammadiyah University of North Sumatra (UMSU), one of which is through an assessment of the implementation of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) activities in the teaching assistance program. This study aims to determine the extent to which the implementation of the teaching assistance program at UMSU was assessed. The research method used was descriptive qualitative through a survey by giving questionnaires to students, lecturers and staff. The instrument was in the form of a questionnaire assessing the implementation of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka Teaching Assistance Program activities. The research subjects were UMSU students participating in the Campus Teaching Program Batch 1, Batch 2 and Batch 3. The results showed that the level of student satisfaction with the teaching assistance program based on the faculty at UMSU showed a total score of 3.65 meaning that overall the services provided by UMSU were at the level 4 with the criteria of satisfying results, student satisfaction with the ability of students to plan Teaching Assistant activities with a mean of 3.72 which was in the criteria of satisfactory, student satisfaction with student involvement in participating in academic activities, with a mean of 3.69 which is in the criteria of satisfying, student satisfaction with Student skills in adapting technology in learning, with a mean of 3.59 was in the satisfactory criteria. student satisfaction with student involvement in participating in non-academic activities was in the satisfactory criteria (3.58).

 


Full Text:

PDF

References


Aditomo, A. (2021). Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran Merdeka Belajar, Kemendikbud.

Kamsia, Z & Nawawi, M. A. (2019). Meningkatkan Sistem Pendidikan Pada Revolusi Industri 4.0, Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0”.

Nanggala, A & Suryadi, K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. UPI: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 485.

Piaget, J. (2010). Psikologi Anak. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., & Samsia, S. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161.

Surmayadi, I. N. (2005). Efektifitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah. Jakarta: Citra Utama.

Syaukani. (2004). Otonomi Dalam Kesatuan. Jakarta: Yogya Pustaka.

Usman, N. (2004). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Triana, C., Iriawan, S. B., Salimi, M., Suhernita, N., & Resmiati, T. F. (2020). Profil guru sekolah dasar. Jakarta. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kemdikbud.

Wahab, S.A. (2005). Analisis Kebijakan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Bumi Aksara. Jakarta.

Wibawa, S. (2005). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.13684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.