Rancangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Bidang Pengembangan Belajar Berbasis Perilaku Belajar (Studi pada Peserta Didik di Kelas XI SMAN 6 Bungo Kabupaten Bungo)

Rosalinda Rosalinda, Rahma Wira Nita, Suryadi Suryadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang masih memiliki perilaku belajar bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Mendeskripsikan profil perilaku belajar peserta didik. 2) Merancang program bimbingan dan konseling.  Jenis penelitian ini adalah R&D (Pengembangan). Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI dengan jumlah 80 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik dikelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket di analisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian terungkap bahwa bahwa: 1) Profil perilaku belajar peserta didik berdasarkan pada kriteria kurang tepat seperti dalam berpikir rasional dan kritis, kebiasaan, keterampilan, dan sikap. 2) Adapun rancangan program yang dibuat berdasarkan profil perilaku belajr dimana peneliti merancang program layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan kolaborasi, layanan biblioterapy disajikan dalam bentuk program yang telah divalidasi oleh para ahli Bimbingan dan Konseling yang telah melalui uji validitas dengan kriteria “sangat diterima”. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK di SMAN 6 Bungo menggunakan program tersebut.


Keywords


Perilaku Belajar, Rancangan Program BK

References


Arikunto, Suharismi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali.2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Febrina, Zafa. 2020. Bidang-Bidang Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Padang.

Mustofa, Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogjakarta: Parama Ilmu.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Setyaputri, Nora Yuniar. 2009. Bimbingan dan Konseling Belajar Teori dan Aplikasinya. Bandung: Media Sains Indonesia.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.